Tips Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Tips Diet dan Menurunkan Berat Badan Saat Puasa di Bulan Ramadhan – Tinggal beberapa hari lagi Bulan Ramadhan akan segera tiba. Marilah kita sambut bulan yang penuh berkah ini dengan meningkatkan frekuensi ibadah kita kepada Allah SWT. Pada sebagian orang, momen Ramadhan ini sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai sarana diet sehat. Karena dalam bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Tips Diet di Bulan Ramadhan

Portal Mahasiswa | Tips Diet di Bulan Ramadhan

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasannya berpuasa mempunyai banyak sekali manfaat seperti, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan secara alami, menetralkan segala macam penyakit, serta berjuta manfaat lainnya. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan cara-cara berpuasa yang baik dan benar sesuai dengan syariat. Ketika kita berpuasa di Bulan Ramadhan, kita harus menjaga pola makan kita. Semua ini kita lakukan supaya program diet sehat kita berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Kita harus dapat menyeimbangkan kalori yang kita konsumsi terutama pada saat berbuka. Oleh karena itu, kami rasa sebuah tips diet dan menurunkan berat badan saat puasa di Bulan Ramadhan sangat penting untuk kita ketahui.

Tips Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan

Berikut ini adalah cara-cara alami yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan saat berpuasa di Bulan Ramadhan :

1. Pilihlah Menu Makan yang Tepat

Pilihlah menu makan yang tepat untuk program diet kita. Makanlah dengan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka. Makanlah makanan yang mengandung lima unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti : karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan yang mengandung banyak serat akan membuat kita tidak cepat lapar. Hindari makan sahur dengan menu makanan yang pedas dan berbumbu tajam karena akan menyebabkan cepat lapar.

2. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka

Makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat lambung kita kaget. Lambung kita membutuhkan ruangan kosong saat proses pencernaan makanan. Kami sarankan, sebaiknya kita berbuka dengan segelas air putih, teh manis, atau kurma. Hal ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Selain itu, hal ini bertujuan untuk membiasakan terlebih dahulu (melumasi) lambung kita sebelum mencerna makanan lain yang lebih berat. Kunyah makanan dengan baik, sehingga lambung tidak bekerja begitu keras.

3. Hindari Minuman yang Dingin

Jangan berbuka dengan minuman yang dingin saat berbuka puasa. Minuman yang dingin akan membuat asam lambung didalam tubuh meningkat. Sebaiknya kita berbuka dengan minuman yang hangat. Hal ini akan membuat lambung kita terasa lebih nyaman.

4. Berolahraga Saat Berpuasa

Adakalanya kita tetap melakukan olahraga saat berpuasa di Bulan Ramadhan. Kami sarankan waktu berolahraga saat berpuasa di Bulan Ramadhan adalah 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa. Ada baiknya kita menyiapkan hidangan yang berkuah saat berbuka puasa agar porsi minum kita tidak berkurang.

5. Mengatur Ritme Pola Makan

Pada Bulan Ramadhan kita hanya makan dua kali sehari, yaitu saat sahur dan berbuka. Ada baiknya kita memilih menu  makanan yang mengandung gizi dan air putih yang cukup. Hal ini kita lakukan untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit.

6. Hindari Tidur Setelah Sahur

Lambung kita membutuhkan waktu dalam proses pencernaan makanan. Oleh karena itu, jangan langsung tidur setelah mengkonsumsi makanan. Sebab hal ini akan membuat metabolisme dan proses pencernaan makanan didalam lambung menjadi terganggu.

Semoga Tips Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan ini bisa memberikan kebaikan untuk kita semua. Selamat Berpuasa…!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply