Resep Makanan Diet Sehat di Bulan Ramadhan

Resep Makanan Diet Puasa Ramadhan – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang berkah, yaitu bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah salah satu kesempatan yang tepat untuk melakukan diet secara sehat. Meskipun demikian, program diet sehat kita bisa mengalami kegagalan jika kita tidak dapat mengontrol pola makan kita. Menjalankan Diet di bulan Ramadhan telah banyak dilakukan oleh banyak orang. Tetapi kebanyakan dari mereka melakukannya tanpa aturan alias sembarangan. Oleh karena itu, post kali ini “Resep Makanan Sehat Untuk Diet di Bulan Ramadhan” saya harapkan bisa membantu kawan-kawan semua yang ingin melakuakan diet sehat di bulan Ramadhan.

Resep Makanan Diet di Bulan Ramadhan

Portal Mahasiswa | Resep Makanan Diet di Bulan Ramadhan

Tips diet sehat pada saat berpuasa di Bulan Ramadhan

Ketika Makan Sahur:

  1. Ada baiknya kita bangun jam tiga subuh, sebab selain untuk menyiapkan makanan sahur agar tidak terburu-buru, juga supaya jarak waktu sahur dan imsak tidak terlalu jauh serta tidak menyebabkan kita lapar lagi saat berpuasa di siang harinya.
  2. Ketika makan sahur, pilihlah menu makanan yang tinggi protein dan kaya vitamin, contohnya ikan, kepiting, brokoli, sawi putih, dan wortel. Ada baiknya jika makanan tersebut direbus, dikukus, dikuah, dibakar, dan hindari menu makanan yang melalui proses penyajian di goreng. Hal ini bertujuan untuk menghindari lemak jahat pada makanan yang muncul akibat reaksi penggorengan.
  3. Setelah selesai sahur, lanjutkan dengan minum jus buah-buahan atau sayur-sayuran. Seperti jus apel, melon, pepaya, jeruk, dan sebagainya.
  4. Ada baiknya kita menambah asupan gizi dengan meminum vitamin atau suplemen, atau jika tidak ada bisa diganti dengan meminum satu sendok madu.
  5. Sebisa mungkin hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur.

Ketika Berbuka Puasa :

  1. Pada saat menjelang berbuka puasa, sebisa mungkin sempatkan berolahraga ringan. Pada awalnya kita akan merasa malas dan lemas, tetapi lama-kelamaan badan kita akan terasa segar dan bugar. Lakukan olahraga ini kira-kira setengah jam sebelum berbuka puasa. Kita bisa melakukan senam kecil atau lari-lari kecil di tempat. Setelah melakukan aktifitas olahraga ini, kita akan mulai merasakan tambahan energi baru dan badan akan terasa lebih sehat, segar, dan bugar.
  2. Berbuka puasa akan menjadi godaan terbesar bagi kita, terlebih bagi kita yang sedang melakukan program diet sehat. Setelah seharian melakukan puasa, sudah pasti kita memiliki nafsu makan yang sangat besar untuk melampiaskan rasa lapar kita. Oleh sebab itu, kita harus pandai-pandai mengontrol diri. Jangan sampai usaha kita untuk diet sehat di Bulan Ramadhan ini gagal.
  3. Ada baiknya kita berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  4. Pindahkan jadwal makan kita setelah Shalat Tarawih. Tetapi ingat, jangan makan terlalu banyak. Makanlah secukupnya saja  dan hindari makanan yang mengadung minyak (gorengan).

Semoga Resep Makanan Sehat Diet di Bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat dan memberi banyak kebaikan untuk kita semua. Selamat Berpuasa…!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply