Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan

Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan – Ada banyak keistimewaan dan keutamaan di bulan suci ramadhan. Untuk bisa meraih berbagai keistimewaan dan keutamaan yang ada di Bulan Ramadhan, sangat penting untuk melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan Bulan Ramadhan. Persiapan yang dapat dilakukan menjelang Bulan Ramadhan antara lain :

1. Persiapan Ma’nawiyah (Spiritual)

Persiapan ma’nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum datangnya Bulan Ramadhan. Seperti memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, berdo’a, berdzikir, dan lain-lain.

Rasulullah SAW dalam mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan suci tersebut telah memberikan contoh kepada umatnya, diantaranya dengan memperbanyak puasa sunnah dibulan Sya’ban, sebagaimana diriwayatkan ‘Aisyah ra dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim :
Dan aku tidak melihat Rasulullah SAW berpuasa di suatu bulan yang lebih banyak daripada puasanya di bulan Sya’ban.

Bahkan ‘Aisyah ra juga mengatakan :
“Nabi Muhammad SAW tidak pernah berpuasa dalam suatu bulan yang lebih banyak daripada puasanya di bulan Sya’ban. Sesungguhnya beliau puasa (di bulan Sya’ban) satu bulan penuh.”

2. Persiapan Fikriyah (akal)

Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah di Bulan Ramadhan. Lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan ibadah puasa sehingga kita memiliki wawasan yang benar tentang Ramadhan dan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Semua ini kita lakukan agar ketika menjalani ibadah di Bulan Ramadhan dapat kita lakukan secara optimal dan meraih hasil yang maksimal. Selain itu agar ibadah yang kita lakukan di Bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT.

Persiapan-Menjelang-Bulan-Ramadhan

Persiapan-Menjelang-Bulan-Ramadhan

3. Persiapan Jasadiyah (fisik) dan maliyah (materi)

Persiapan jasadiyah dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan. Diantaranya dengan cara berolahraga, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat, dan menyehatkan. Ini penting karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Bulan Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang memiliki kesehatan prima. Adapun persiapan maliyah bisa dilakukan dengan menabung sebagian harta kita sebagai bekal berinfaq selama Bulan Ramadhan.

Semoga di bulan suci Ramadhan tahun 2014 ini, kita bisa meraih keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita dalam setiap urusan kita dan menjadikan kita hamba-hambanya yang terbaik. Sekian “Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan 2014” dari portalmahasiswa.com semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply