Perangkat Lunak Untuk Belajar Animasi 2D dan 3D

kumbangPortalmahasiswa.com – Anda ingin coba belajar membuat animasi?
Membuat animasi 2 dimensi (2D), baik berdurasi pendek maupun panjang, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Secara “tradisional” atau dengan bantuan komputer. Lain halnya jika ingin membuat animasi 3 dimensi (3D) karena ini perlu menggunakan komputer. Namun untuk belajar membuat animasi pendek sebenarnya tidak terlalu sulit jika dilakukan dengan tekun.
Kemajuan teknologi komputer menjadikan pembuatan animasi lebih mudah dan cepat. Studio-studio animasi besar pun kini lebih terbantu dalam membuat film animasi. Jika ingin belajar membuat animasi sederhana, Anda bisa menggunakan komputer yang sudah terpasang perangkat lunak untuk membuat animasi. Ada yang berbayar maupun gratis.

Belajar Animasi Menggunakan Perangkat Lunak

Berikut 5 perangkat lunak yang bisa digunakan untuk memulai belajar cara membuat animasi.

Blender
Perangkat lunak ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik untuk membuat animasi 3D. Kenapa demikian?

Anda bisa membuat objek 3D, dari yang sederhana hingga kompleks, hingga menampilkannya dalam gerak animasi. Selain itu, perangkat lunak ini bisa juga dimanfaatkan untuk membuat game 3D sederhana. Blender memiliki komunitas yang besar sehingga mempermudah seseorang yang baru mengenal dan menggunakan perangkat lunak ini.

Lalu berapa biaya yang mesti dikeluarkan seseorang untuk menggunakan Blender? Jawabannya tidak ada atau gratis. Itulah satu kelebihan lagi dari Blender.

Pivot Animator

Merupakan salah satu aplikasi yang cukup bagus untuk belajar membuat animasi sederhana. Disini kita bisa membuat animasi dari stick figure yang tersedia. Meski terkesan sederhana namun dari figur ini kita bisa membuat animasi yang kompleks.

Meski masih terdapat keterbatasan tapi perangkat lunak ini bisa dimanfaatkan untuk memulai belajar membuat animasi.

Anime Studio

Anda suka menonton anime atau film animasi asal Jepang? Kenapa tidak mencoba membuatnya? Kini dengan aplikasi Anime Studio (kini bernama Moho Pro, yang terbaru versi 12) Anda bisa mencoba menuangkan imajinasi melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki segala yang dibutuhkan untuk membuat karakter kita sendiri, seperti alat-alat gambar, kuas, dan lain-lain. Sedangkan untuk menjalankan aplikasi ini tidak membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi.
Meski aplikasi ini berbayar tapi Anda bisa mencoba terlebih dahulu (Trial).

Synfig Studio

Ini merupakan aplikasi gratis untuk membuat animasi 2D. Aplikasi ini bisa membantu pengguna untuk menghasilkan animasi 2D berkualitas tinggi tanpa perlu menjalani berbagai kerumitan. Aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai sistem operasi komputer terkini, baik yang berbayar maupun open source.

Itulah 5 perangkat lunak atau aplikasi yang bisa digunakan untuk memulai belajar membuat animasi sederhana hingga kompleks. Lalu muncul pertanyaan, mengapa tidak menggunakan perangkat lunak, seperti Maya, 3ds Max, atau pun Flash?

Anda bisa saja menggunakan berbagai perangkat lunak berbayar tersebut namun untuk memulai belajar membuat animasi, mengapa tidak memulainya dengan perangkat lunak yang gratis?

Itu jika Anda ingin mempelajarinya dengan usaha sendiri. Namun jika Anda merasa kesulitan untuk belajar sendiri maka Anda bisa masuk sekolah yang mempelajari bidang ini. SAE Institute Jakarta bisa menjadi sekolah yang tepat untuk Anda.

SAE Institute Jakarta bisa menjadi langkah awal Anda untuk berkarir di industri animasi di masa depan. Sekolah ini akan menyiapkan para siswanya untuk siap terjun dan bekerja dalam industri kreatif.

Ingin belajar animasi di bawah bimbingan para profesional? Bersekolahlah di SAE Institute Jakarta.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply