Menyingkap Rahasia Waktu Turunnya Malam Lailatul Qadar

Kapan Malam Laliatul Qadar Terjadi – Lailatul qadar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Terjadinya lailatul qadar di malam-malam ganjil lebih memungkinkan daripada malam-malam genap, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR Bukhari)

Kapan tanggal pasti lailatul qadar terjadi? Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah telah menyebutkan empat puluhan pendapat ulaman mengenain masalah ini. Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada adalah malam lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun.

Malam-Lailatul-Qadar

Malam-Lailatul-Qadar

Para ulama mengatakan bahwa hikmah Allah SWT menyembunyikan pengetahuan tanggal pastinya terjadinya lailatul qadar adalah agar orang bersemangat untuk mencarinya. Hal ini berbeda jika malam lailatul qadar sudah ditentukan tanggal pastinya, justru nanti malah orang-orang akan bermalas-malasan dalam beribadah kepada Allah SWT. Allah SWT hanya memberikan tanda-tanda turunnya malam lailatul qadar saja.

Itulah sedikit ulasan mengenai “Menyingkap Rahasia Waktu Turunnya Malam Lailatul Qadar“. Pengetahuan tentang waktu kepastian turunnya malam lalilatul qadar adalah hak milik Allah SWT. Kita hanya sebatas hamba yang banyak memiliki keterbatasan ilmu. Wallahu a’lam bishawab.

Semoga postingan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply