Mengisi Suatu Variable Menggunakan Assignment Operator

Tutorial Bahasa C | Mengisi Suatu Variable Menggunakan Assignment Operator ‘=’ (sama dengan)

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar dan mengamati penggunaan fungsi-fungsi dasar turbo C seperti main(), printf(), getch(), getche() yang dipadukan dengan tipe variable dasar yaitu int (bilangan bulat) dan float (bilangan pecahan).

Mengisi suatu variable menggunakan assignment operator ‘=’ (sama dengan), kemudian dilakukan proses perhitungan penjumlahan dan pengurangan, dimana hasil penjumlahan disimpan pada variable jumlah, dan hasil pengurangan disimpan pada variable selisih. Setelah hasil didapatkan maka hasilnya dicetak menggunakan karakter format khusus ‘%d’. Operator ‘=’ dapat digunakan pada baris deklarasi variable seperti pada percobaan dibawah ini, yaitu pada int var1=339. Dengan cara ini maka variable var1 sekaligus akan dideklarasikan dan diisi dengan suatu nilai tertentu. Seperti diketahui bahwa bila suatu variable dideklarasikan, maka isinya tidak dapat dipastikan atau tidak diketahui (sembarang nilai).

/* Nama File : INTRO3.0 */
void main() {
int var1=339, var2, jumlah, selisih;
var2=259;
jumlah=var1 + var2; selisih=var1 = var2;
printf(“Hasil penjumlahan %d dan %d = %d\n\n”,var1,var2,jumlah); printf(“Hasil pengurangan %d dan %d = %d\n”,var1,var2,selisih);
getch();
}

Berikut adalah  hasil complile dari source code pemrograman Bahasa C diatas :

Tutorial Bahasa C

Tutorial Bahasa C

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply