Macan Asia yang Tertidur

Berkenaan dengan tema “Kepioniran Dalam Masyarakat” yang terkandung dalam pesan (artikel) berjudul “Negara Harus Menjangkau Seluruh Rakyat” di www.darwinsaleh.com., saya berpandangan bahwa: Sudah seharusnya pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan hidup masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedalaman. Meskipun jauh dan terpencil, mereka tetap bagian dari Indonesia.

Di era globalisasi ini, banyak hal yang tadinya tak mungkin menjadi mungkin. Banyak hal yang tadinya biasa menjadi luar biasa. Begitu juga negeri kita Indonesia. Para ahli telah mengakui, bagaimana kayanya negeri ibu pertiwi. Para pengamat juga telah sepakat, tentang besarnya potensi yang kita miliki. Sayangnya, pemerintah terkesan menutup mata dengan semua ini. Pemerintah hanya sibuk mencari harta untuk memperkaya diri sendiri.

“Macan Asia yang tertidur” inilah julukan Indonesia sekarang. Pada masa kediktatoran Soeharto, Indonesia pernah menyandang julukan “Macan Asia”. Julukan ini, membuat Indonesia menjadi bangsa yang paling disegani di seluruh seantero negeri. Namun julukan ini mulai luntur tergerus oleh zaman dan peliknya permasalah di Negara ini. Mulai dari krisis pangan sampai kasus korupsi yang tak kunjung berhenti.

Lemahnya-Hukum-di-Indonesia

Ilustrasi Lemahnya Hukum di Indonesia
Sumber Gambar http://www.izzati-site.blogspot.com

Di Arab Saudi, seorang wakil rakyat yang terbukti merampas uang rakyat akan dihukum potong tangan. Di China malah lebih tragis lagi, wakil rakyat yang terbukti merampas uang rakyat dapat dikenakan hukuman gantung. Sementara di Indonesia, bukan manusianya yang dihukum gantung. Namun kasusnya dibiarkan menggantung meski Sang wakil rakyat tersebut sudah menyandang status tersangka. Bahkan tidak jarang para tersangaka koruptor tersebut dipotong masa tahanannya.

Masih ingatkah kita pada sila ke-5 pancasila yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia?” Sila ini memberikan jaminan pada semua warga Indonesia untuk mendapatkan keadilan sosial. Ya benar.., semua warga Indonesia tanpa terkecuali. Tapi lagi-lagi, asas hidup di Negeri ini cuma menjadi slogan, bualan media, dan iklan politik saja. Pada kenyataanya, selama ini terjadi kesenjangan keadilan distribusi pembangunan antara kawasan Barat dan Timur di Indonesia. Selama orde baru berkuasa dan hingga kini, pembangunan masih saja terpusat di Jawa dan Sumatera. Pertanyaanya, Apakah Indonesia hanya Jawa dan Sumatera saja? Bagaimana dengan Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan pulau-pulau lain yang tersebar dari Sabang-Merauke?

Bagaimana dengan asas keadilan sosial yang sering dijanjikan oleh para penguasa negeri ini? Pernahkah kita memikirkan nasib saudara-saudara kita yang tinggal di daerah-daerah pedalaman? Lihatlah Papua. Papua memiliki semuanya : emas, perak, tembaga, aluminium, migas, uranium, hutan, laut yang kaya ikan, bahkan batubara. Semua yang mereka punya berbanding terbalik dengan apa yang mereka terima.

SDN Gopouya, Kabupaten Nabire, Papua

SDN Gopouya, Kabupaten Nabire, Papua
Sumber Gambar http://www.diannurrizky.wordpress.com

Selama ini sorotan masyarakat Indonesia terhadap Papua, tak lebih dari infomasi yang selalu ditayangkan di media cetak maupun elektronik. Suasana kehidupan dan perkampungan suku-suku pedalaman di pegunungan terpencil yang dililit kemiskinan, kebodohan, fasilitas kesehatan yang minim, alam yang keras, adat istiadat yang mengekang, dan masih banyak lagi. Itulah salah satu alasan mengapa rakyat Papua ingin berpisah dari NKRI. Selama ini mereka tidak memperoleh apa yang seharusnya menjadi hak mereka.

Saudara-saudara kita di Papua terus saja dibodohkan dengan ketidaklayakan mutu pendidikan yang mereka terima. Orang papua yang merantau adalah salah satu contoh orang Papua yang sadar akan kebodohan yang mereka terima. Jika saja pendidikan yang mereka terima memadai, pastilah Papua sudah melepaskan diri dari NKRI sejak lama. Mereka sadar bahwa potensi yang terkandung didalam bumi Papua sangatlah besar. Seandainya pulau yang mempunyai secuil keindahan surga ini berhasil memerdekakan diri, pastilah Indonesia bakal kocar-kacir mencari pemasukan devisa Negara.

Saudara-saudara kita di Papua bukanlah mutiara yang hanya berkilau seperti kilauan bintang menghiasi malam. Mereka adalah “Mutiara Hitam” yang justru berkilau di terik matahari. Sebab mereka adalah Mutiara Hitam yang berani menantang matahari. Ya benar.., mereka punya cara sendiri untuk berjuang dan menunjukkan pada dunia bahwa mereka bisa.

Tambang Emas Freeport di Papua

Tambang Emas Freeport di Papua
Sumber http://www.m.siaga.co/news

Papua memiliki pendapatan daerah yang cukup besar dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Selain itu terdapat kesepakatan dengan pihak-pihak asing dengan kompensasi yang bernilai ratusan bahkan jutaan dolar. Oleh karena itu, Indonesia bersikukuh mempertahankan bumi Papua. Tak seperti Timor Timur. Mengapa dahulu Indonesia seperti tidak terlalu keras mempertahankan Timor Timur? Karena Timor Timur tak berlimpahkan sumber daya alam seperti Papua. Selain itu, melepaskan Timor Timur dianggap dapat mengurangi beban APBN Negara.

Terlepas dari itu semua. Kita tidak bisa terus menerus mengkambing hitamkan korupsi atau sistem pemerintahan di Indonesia tanpa berbuat apa-apa. Semua pernyataan dan kenyataan itu dapat kita ingkari jika kita mau berusaha. Kita bisa memulai usaha kita dari hal yang kecil. Pemerintah harus merangkul para generasi muda Indonesia dengan cara mengutamakan pendidikan. Pemerintah terus saja mencetuskan gumaman mereka tentang pendidikan gratis. Tapi apa nyatanya? Disana-sini pendidikan belum juga gratis. Banyak rakyat hidup dibawah garis kemiskinan. Mereka menganggap pendidikan adalah hal yang mewah untuk mereka dapatkan.

Bukan hanya pendidikan yang harus pemerintah perbaiki. Penyebab utama dari semua masalah ini adalah moralitas. Batasan-batasan dan norma di Indonesia sudah lama terjajah dengan hilangnya kebudayaan luhur bangsa. Kita sebagai orang Timur, yang katanya memiliki segudang perilaku sopan, kepedulian terhadap sesama, dan kejujuran sekarang hanyalah isapan jempol belaka.

Tawuran Pelajar Usai UNAS

Tawuran Pelajar Usai UNAS
Sumber Gambar http://www.id.berita.yahoo.com

Gambar diatas menunjukkan mulai lunturnya moralitas generasi muda penerus bangsa. Selain itu, hal ini menjadi bukti bahwa selama ini sistem pendidikan yang ada di Indonesia telah gagal mencetak generasi muda yang bermoral dan beretika. Pemerintah dinilai lamban dalam mengatasi masalah-masalah moralitas semacam ini.

Mungkin, sebagian orang beranggapan bahwa Sumber Daya Manusia yang Indonesia miliki tidak mampu menelurkan prestasi. Sebenarnya, penyebab Indonesia tidak bisa bangkit adalah hilangnya ruh dan semangat “Macan Asia” yang dahulu kita miliki. Indonesia terlalu banyak mengandalkan kekuatan pihak asing. Indonesia tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Inilah yang membuat Indonesia tidak bisa mandiri dan bangkit dari keterpurukannya.

Tim Robot Indonesia Menjuarai Kontes Robot Internasional

Tim Robot Indonesia Menjuarai Kontes Robot Internasional
Sumber Gambar http://www.dikti.go.id

Gambar ini diambil saat Tim robot Indonesia berhasil menyabet gelar juara I dan juara II sekaligus pada Kontes Robot Internasional Trinity College Robot Contest 2013 di Hartford, Amerika Serikat. Ini adalah salah satu bentuk prestasi membanggakan yang berhasil di ukir oleh putra-putra bangsa. Para generasi muda Indonesia telah mampu menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bisa.

Seringkali kita menghadapi masalah dikarenakan salah dalam menentukan tujuan dan yang lainnya salah menggunakan cara untuk mencapai tujuan. Sadarlah kawan, Indonesia memiliki potensi untuk bangkit kembali menjadi bangsa yang besar. Kita mempunyai banyak kesempatan untuk mengembalikan kehormatan kita dimasa lalu. Kita masih bisa bangkit dan menjelma kembali menjadi “Macan Asia” yang disegani oleh bangsa-bangsa di dunia.

Mari kita saksikan cuplikan video keren, karya anak bangsa dengan judul Nasib Bangsa INDONESIA ditangan kita sendiri.

Bangsa Indonesia terlalu besar untuk memiliki cita-cita yang kecil. Bangsa Indonesia harus kaya, seperti kayanya kebudayaan yang kita miliki dan seperti kayanya sumber daya alam yang terkandung di bumi ibu pertiwi. Saat ini Indonesia memiliki segalanya. Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang handal. Coba kita kembali “Menelusuri Jejak dan Kekayaan Nusantara” yang kita miliki. Dengan semua potensi yang kita miliki ini, seharusnya kita mampu menggengam dunia dengan tangan kita.

Kita adalah generasi muda penerus bangsa. Kitalah generasi yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan negeri ini. Saat ini kita memikul tanggung jawab yang besar untuk membawa Indonesia, kembali kepuncak kejayaannya. Wahai generasi muda penerus bangsa, Ayo Bangkit…! Negeri ini menunggu karya besar mu…! Sebaik-baik kamu adalah yang paling banyak manfaatnya. Mari bersama-sama, kita bangunkan kembali “Macan Asia” dari tidur panjangnya di bumi INDONESIA…!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari www.darwinsaleh.com. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi oleh keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

49 Responses to “Macan Asia yang Tertidur”

  1. Ugyk putra

    Jan 29. 2014

    Memang betul. Indonesia butuh penyegaran moral. sekarang para generasi muda sudah termakan kebudayaan barat dan internet.

    tapi pemerintah sudah berupaya dengan mencanangkan kurikulum 2013 untuk memperbaiki moral generasi muda 🙂

    hidup Indonesia……

    Reply to this comment
    • mencanangkan kurikulum 2013 untuk memperbaiki moral generasi muda adalah langkah konkret untuk memperbaiki citra negeri ini di mata dunia…
      kinerja pemerintah dan jajarannya ini patut kita apresiasi…

      Hidup INDONESIA … 😀

      Reply to this comment
      • Hekel Indonesia

        Feb 14. 2014

        tapi… meski kurikulum 2013 itu tujuannya untuk memperbaiki moral, saya menilai kurikulum 2013 seperti hanya percobaan saja. karena di kurikulum 2013 pemerintah menghilangkan mata pelajaran yang lumayan penting… -_-

        salah satunya teknologi informasi dan komunikasi…

        Reply to this comment
        • ingatlah kawan, di dunia ini tidak ada sistem yang benar2 sempurna, termasuk sistem pendidikan (kurikulum) yang sobat maksud…
          menurut saya, kurikulum 2013 yang diterapkan oleh pemerintah sudah melalui berbagai macam seleksi dan tahap uji coba sebelum akhirnya bisa diterapkan secara real,,
          jauh2 hari, pemerintah pasti juga sudah mempertimbangkan dampak negatif dan positif yg akan didapatkan jika kurikulum 2013 ini diterapkan..
          dan satu hal lagi yg sering kita lupakan, pemerintah punya menteri pendidkan beserta jajarannya…
          pemerintah tidak bekerja sendiri kawan, mereka memiliki tim2 ahli yg terdiri atas orang2 terbaik Indonesia…

          Reply to this comment
  2. abdul basith

    Jan 30. 2014

    benar yang lu bilang…. indonesia itu gak cuma punya SDA yang melimpah…

    SDM indonesia gak kalah berlimpah… banyak anakbangsa yang mendulang prestasi gemilangnya di kancah internasional…

    apalagi di bidang perfilman… indonesia punya animator yang HEBAT…

    Reply to this comment
    • seperti yg saya bilang sebelumnya,
      “Bangsa Indonesia Terlalu Besar untuk Memiliki Cita-Cita yang Kecil”

      coba kita lihat kawan, Indonesia memiliki semuanya,,
      dengan potensi SDA dan SDM yang kita miliki sekarang, saya yakin Indonesia akan kembali berjaya suatu saat nanti…

      Reply to this comment
  3. Rizky Adnanta

    Jan 30. 2014

    kalo saya lagi dalam perjalanan, saya sering banget liat truk yang belakangnya itu ada gambar bapak soeharto…

    dalam gambar itu beliau berkata “masih enak jamanku toh le”…
    saya menyetujui perkataan beliau… karena meskijaman dulu itu hak hak warga negara dikekang, rakyat terjamin atas kesejahteraannya…

    Reply to this comment
    • hehehe 😀 saya juga sering lihat gambar pak harto dengan kata-kata khasnya “masih enak jamanku toh le…”

      kata-kata ini mengandung sindiran sekaligus pesan tersirat kawan,

      kehidupan bangsa Indonesia yang sekarang tidak seperti yang dulu, dulu rakyat Indonesia hidup sejahtera karena semua serba murah, semua kebutuhan di subsidi oleh negara..

      tetapi kita tidak boleh terus menerus mengandal subsidi dari negara terus menerus, ada kalanya kita harus mandiri…

      Reply to this comment
  4. Subagya

    Jan 30. 2014

    artikel keren sob, sudah saatnya Indonesia bangkit dari keterpurukannya, dan sudah saatnya pula Indonesia bangkit menjadi bangsa yang besar…

    Reply to this comment
  5. SEO Laku

    Jan 30. 2014

    INDONESIA menyimpan banyak potensi di segala lini, mulai dari SDA yang melimpah dan SDM yang handal. semua ini akan membuat Indonesia meraih puncak kejayaannya di masa depan…

    Support you always my country 😀

    Reply to this comment
    • benar sekali, Indonesia menyimpan potensi yang sangat luar biasa..
      kita punya SDA yg melimpah, SDM yg handal, dan hal-hal lain yg tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia…

      dengan semua potensi yang kita miliki ini, seharusnya kita mampu menggenggam dunia dengan tangan kita, kawan..

      Indonesia is my country too…,
      and i will support INDONESIA ever and forever.. 😀

      Reply to this comment
  6. Budiono

    Jan 30. 2014

    Inspiratif artikel.., memang sudah saatnya INDONESIA bangun dari tidur panjangnya…
    dan ini adalah tugas kita sebagai generasi muda untuk mengembalikan masa-masa kejayaan INDONESIA seperti dahulu kala

    MERDEKA…..!!!!

    Reply to this comment
    • terima kasih 😀
      iya benar sekali, Indonesia memang sudah seharusnya bangun dari tidur panjangnya..
      dan ini adalah tugas kita sebagai generasi muda…
      mari kita saling bahu membahu untuk mewujudkan INDONESIA JAYA

      MERDEKA…!!

      Reply to this comment
  7. Ninusantara Pahlevi

    Jan 30. 2014

    satu pemuda mampu mengubahseluruhnya… tapikita harus menjaganya dari kekelaman masa mudanya untuk berguna di masa tua…

    Reply to this comment
    • mengutip kata mutiara Bung Karno “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”…

      kata2 mutiara ini mengandung arti yang sangat dalam, kekuatan seorang pemuda bisa mengalahkan 1000 orang tua, karena pemuda memiliki satu hal yang tidak dimiliki oleh orang tua, yaitu SEMANGAT….

      oleh karena itu, Pemuda Indonesia adalah aset yang paling berharga bagi negeri ini, sehingga jika Anda adalah seorang pemuda, ini adalah masa emas Anda untuk mengabdikan diri Anda pada negeri ini…

      # Semangat MUDA….!!!

      Reply to this comment
  8. CE cristine

    Jan 31. 2014

    bener gan sekarang waktunya sang macan asia bangkit dari tidurnya…

    nice article gan

    Reply to this comment
  9. acne rosacea

    Jan 31. 2014

    Greetings! Very helpful advice within this article! It is the little changes which will make the largest changes. Many thanks for sharing!

    Reply to this comment
  10. symptoms of emphysema

    Jan 31. 2014

    Thanks for your personal marvelous posting! I really enjoyed reading it, you could be a great author.I will be sure to bookmark your blog and may come back someday. I want to encourage yourself to continue your great writing, have a nice morning!

    Reply to this comment
  11. low back pain

    Jan 31. 2014

    I am actually thankful to the holder of this site who has shared this wonderful article at here.

    Reply to this comment
  12. natural beauty tips

    Jan 31. 2014

    whoah this weblog is fantastic i like reading your posts. Keep up the great work! You understand, lots of individuals are looking around for this info, you could help them greatly.

    Reply to this comment
  13. Yudha

    Feb 01. 2014

    ini akibat ulah para elite politik dan penguasa negeri, yg tidak bersungguh-sungguh dalam memajukan Indonesia
    hanya ada 2 pilihan, bangkit melawan atau diam tertindas

    Reply to this comment
    • kita tidak boleh terus-menerus menyalahkan penguasa negeri ini (pemerintah), Indonesia bukan hanya milik pemerintah saja, Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia…
      kita adalah generasi muda Indonesia, kita juga bertanggung jawab untuk memajukan negeri ini…
      benar apa yg dikatakan Umi Emil, “Kita jangan hanya diam membisu.., kita pemuda tumpuan, bangsa” dipundak kitalah masa depan negeri digantungkan…

      Reply to this comment
  14. Umi Emil

    Feb 01. 2014

    Bangunlah putra putri Indonesia …buktikan Indonesia Bisa,,
    mari kembalikan martabat Indonesia di mata dunia..
    jangan hanya diam membisu,, kita pemuda tumpuan …BANGSA…!!!!

    Reply to this comment
    • keren sekali semangatnya mas, kalau saja semua pemuda Indonesia punya semangat berapi-api, seperti mas Umi Emil ini, pasti Indoneisa sudah jadi negara maju dari dulu, hehehe 😀

      Hidup Pemuda !!!

      Reply to this comment
  15. aryanto hadi wicaksono

    Feb 01. 2014

    kalau menurutku sih indonesia menjadi macan asia yang tertidur akibat masyarakat itu sendiri. bagaimana tidak sekarang sebagian besar masyarakat indonesia dimanjakan oleh teknologi, lalu sumber daya alam apa-apa di olah oleh pihak luar negeri bukan dalam negeri. Itulah pendapatku

    Reply to this comment
    • saya juga setuju dengan pendapat mas arya, sampai hari ini, slogan Indonesia bangkit terus menerus di berdengung di telinga kita…
      tapi gerak nyata untuk mewujudkan semua itu terasa masih setengah-setangh…
      kita bisa bangkit, jika kita semua mau bersatu dan percaya pada kemampuan yg kita miliki..
      bukan hnaya terus menerus mengandalkan pihak asing untuk mengolah sumber daya alam yg kita miliki…
      saya juga yakin generasi muda Indonesia sekarang jauh lebih baik dan tidak kalah dengan bagsa-bangsa lain di dunia…

      Reply to this comment
  16. Miftahol Arifin

    Feb 03. 2014

    saya juga sepakat. jangan biarkan indonesia terus-menerus tertidur. jika tidur terus bisa-bisa nanti mati.hehe

    kita harus segera bangunkan. dengan apakah kita membangunkannya? itulah tugas dan tanggungjawab kita semua.

    semoga tulisannya bermanfaat bagi kebangkitan bangsa ke depan. semoga dengan tulisan indonesia lekas bangun. amin.

    Reply to this comment
    • Amin… Terima kasih atas do’anya bang… Membangunkan Indonesia dari tidurnya itu dimulai dari kita sendiri. “Para Pemuda”. Kita harus terbiasa hidup jujur dan adil… karena itu salah satu cara membuka pintu keberhasilan Indonesia

      Reply to this comment
  17. Eko Mulyadi

    Feb 04. 2014

    INDONESIA harus bangkit dan melawan semua yang saat ini telah membuatnya tidur.

    Satukan semangat satukan tujuan, wujudkan Indonesia Raya

    Reply to this comment
    • setuju sama abang Eko Mulyadi. kita harus bersatu supaya Macan Asia terbangun dari tidur panjangnya. dan terbangunnya Macan Asia dapat menciptakan keadaan yang lebih baik untuk semua rakyatnya..

      Reply to this comment
  18. zakariya

    Feb 05. 2014

    pemaparan yg sangat bagus Mas | memang NKRI adalah negara yg kaya, baik SDA maupun SDM | manusianya jago2, lihat saja banyak orang berprestasi malah setelah berkiprah di luar negeri | tak kalah, SDA nya pun sangat berlimpah, sayangnya banyak yg dikuasai oleh pihak asing | jikalau kekayaan teroptimalkan dengan baik, tdk bisa dipungkiri bahwa NKRI bisa menjadi bukan hanya menjadi ‘Macan Asia’, tetapi ‘Macan Dunia’ 😀

    Reply to this comment
    • terima kasih atas pujiannya mas zakariya.. Indonesia harusnya mencontoh mas zakariya. Indonesia haruslah mempunyai mimpi besar untuk menjadi negara adidaya dan terpandang. namun mimpi besar harus diiringi dengan kontribusi yang besar pula. jadi, sesama pemuda Indonesia yang haus akan revolusi bangsa untuk menjadi lebih baik, mari sama-sama kita bangun bangsa ini dengan prestasi-prestasi kita.

      dan semoga para pemuda yang sadar akan pentingnya revolusi bangsa, akan memimpin bangsa ini dengan segudang impiannya kelak

      AMIN…

      Reply to this comment
  19. Henggar Vionery

    Feb 08. 2014

    Membenahi Indonesia itu sangat susah, karena tidak hanya pejabat-tinggi, tapi hampir disetiap bidang ada korupsi, masalah, yang berujuk pada ketidak adilan sosial yang dikatakan di artikel diatas.

    Kalo saran saya,harus ada perundang-undangan baru, sebuah kebijakan-kebijakan baru yang tidak lemah dan wajib ditegakkan demi terbangunnya macan asia dari Indonesia lagi.

    Dan pembentukan kebijakan tersebut memang benar harus membutuhkan presiden yang tegas, seperti pak harto, bahkan kalo bisa lebih baik!

    Dan untuk SDM, semua diawali dengan diri kita, untuk Indonesia ini, kita tidak bisa merubah secara instan semua kerusakan ini.

    Diawali kita dan pilih presiden kita bukan seberapa besar uang yang diberi pada kita, ato sebanyak apa spanduk dan sponsor yang di unjukkan. Tapi seberapa jujur dan tegasnya calon presiden yang akan kita pilih, demi mewujudkan Indonesia macan asia, bahkan kalo bisa Indonesia negara adidaya!

    Reply to this comment
    • Betul apa kata abang Henggar Vionery. harus adanya perundang-undangan baru yang lebih mengikat para pejabat tinggi. karena selama ini HAM telah memayungi mereka dari hukum.

      SDM kita juga tidak kalah dari negara lain. hanya saja pemerintah tidak merangkul mereka dengan segala fasilitas yang mereka butuhkan.

      tentang presiden, kita seharusnya lebih bijak lagi memilih orang nomor satu ini. kita janganlah termakan bujuk rayu pemberian mereka.

      rakyat kecil juga harus dibina. supaya mereka tidak tersogok dengan kaos partai dan uang yang berembel-embel BLT.

      Reply to this comment
  20. Nuzulul Arifin

    Feb 09. 2014

    Semoga dengan artikel ini, dapat memotivasi semua generasi muda Indonesia..
    artikel ini, membuat saya semakin bangsa menjadi bangsa Indonesia..

    Reply to this comment
    • saya juga berharap, artikel yang saya tulis ini, tidak berhenti hanya sebatas sebuah artikel saja mas..
      semoga ada gerak nyata dari semua elemen bangsa..
      dan harapan tertinggi saya untuk bangsa ini adalah agar semua lapisan rakyat Indonesia yang tersebar dari sabang sampai merauke ikut bahu-membahu untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi…

      Reply to this comment
  21. Download Game Gratis

    Feb 12. 2014

    Tulisane apik, keren tenan

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 12. 2014

      asem, sek sangaran blog’e sampean mas -_-

      Reply to this comment
  22. ナイキ 専門店

    Feb 12. 2014

    Hi there, You have performed an incredible job. I’ll definitely digg it and personally recommend to my friends. I’m sure they’ll be benefited from this site.
    [url=http://www.dmonckey.com/]ナイキ 専門店[/url]
    ナイキ 専門店

    Reply to this comment
  23. I was suggested this website by means of my cousin. I’m now not certain whether or not this put up is written by means of him as nobody else recognize such detailed approximately my difficulty. You’re wonderful! Thank you!
    保護フィルム販売

    Reply to this comment
  24. waxed barbour jacket

    May 03. 2014

    hi there! thank you for posting this. I understand your point of view and I see where youre coming from. thanks again!

    Reply to this comment

Leave a Reply