Keutamaan Menuntut Ilmu Menurut Imam Syafi’i

Keutamaan Menuntut Ilmu Menurut Imam Syafi’i – Keutamaan Ilmu agama banyak sekali, diantaranya adalah apa yang disebutkan oleh Imam Syafi’i bahwa :

imam syafi'i1. Ilmu adalah sebab kebaikan di dunia dan akhirat
Imam Syafi’i berkata, “Barang siapa yang menghendaki dunia, maka hendaknya dia berilmu. Dan barang siapa yang menghendaki akhirat, maka hendaknya dia berilmu. Dan barang siapa yang menghendaki dunia akhirat, maka hendaknya dia berilmu.”

Dalil yang menguatkan hal ini adalah sabda Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan faqihkan ia dalam agama-Nya.”

2. Ilmu sebagai benteng dari syubhat dan fitnah
Imam Syafi’i berkata, “Seandainya bukan karena tinta (ilmu), niscaya orang-orang zindiq akan berkhotbah di mimbar-mimbar.”

Dengan ilmu kita dapat menjaga diri kita dari berbagai syubhat yang menyerang. Dengan ilmu juga kita dapat membantah argumen orang-orang yang ingin merusak agama. Oleh karena itu jihad ada dua macam, yaitu jihad dengan tangan dan lisan.

3. Ilmu adalah amalan yang paling utama
Imam Syafi’i berkata, “Tidak ada satu pun yang lebih utama setelah menunaikan kewajiban selain menuntut ilmu.”

Hal yang menunjukkan bahwa ilmu adalah amalan yang utama karena dengan ilmu kita mengetahui yang benar dan yang salah. Dengan ilmu kita bisa beribadah dengan benar sehingga akan mengantarkan kita kepada surga Allah SWT. Dari sinilah kita dapat memahami hadits Nabi, “Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga.”

4. Menuntut Ilmu lebih utama daripada ibadah sunnah
Imam Syafi’i berkata, “Menuntut ilmu lebih utama daripada shalat sunnah.” Dalil yang menguatkan hal ini adalah sabda Nabi Muhammad SAW, “Orang yang berilmu, ia akan dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi hingga ikan yang ada didalam air. Keutamaan orang yang berilmu dibandingkan dengan ahli ibadah bagaikan bulan di malam purnama atas seluruh bintang.”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply