Imam Syafi’i Termasuk Seorang Ahli Hadits

Imam Syafi’i Termasuk Seorang Ahli Hadits – Ahli Hadits disini maksudnya adalah seorang yang berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan Sunnah, mencintai keduanya, mempelajari makna keduanya, mengamalkan kandungan keduanya, dan mendahulukan keduanya dari segalanya.

imam syafi'iJadi, istilah ahli hadits disini semakna dengan istilah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, al-Firqah Najiyah (golongan selamat), ath-Thaifah al-Manshurah (kelompok yang ditolong), as-Salafiyyun (golongan yang mengikuti jejak salaf) yang namanya berbeda-beda tetapi maksudnya sama yaitu kelompok yang berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan Hadist yang shahih sesuai dengan pemahaman para salaf shahih.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang tegak diatas Al-Haq, tidak membahayakan mereka orang yang melecehkan mereka hingga datang hari kiamat.”

Imam Syafi’i termasuk golongan ahli Hadits dan mencintai ahli Hadits. Imam Syafi’i berkata, “Hendaknya kalian ikuti ashhabul hadits karena mereka adalah golongan yang banyak benarnya.”

Beliau juga berkata, “Apabila saya melihat seorang dari ashhabul hadits maka seakan-akan saya melihat seorang dari sahabat Nabi. Semoga Allah membalas kebaikan mereka, mereka telah menjaga hadits untuk kita, mereka telah berjasa untuk kita.”

Apabila telah jelas bagi Anda pedoman dalam beragama, maka hendaknya bagi setiap muslim untuk tidak berbicara soal agama kecuali mengikuti dalil, tidak mendahulukan pendapat dan logikanya sebelum dalil. Demikianlah metode para sahabat dan orang-orang yang meniti jalan mereka dari kalangan tabi’in dan imam-imam kaum muslimin. Oleh karena itu, tidak ada seorang pun diantara mereka yang menentang dalil dengan akal atau membangun agama selain ajaran yang dibawa oleh Nabi. Apabila dia ingin mengetahui suatu masalah agama maka dia melihat firman Allah SWT dan Rasulnya.

Inilah prinsip Ahlus Sunnah, berbeda dengan ahli bid’ah. Mereka tidak berpijak pada dalil tetapi perasaan dan hawa nafsu. Apabila mereka mendapati dalil yang sesuai dengan pendapat mereka maka mereka mengambilnya. Apabila dalil tersebut menyelisihi mereka maka mereka tidak mengambilnya dan berpaling darinya atau mengubahnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply