Imam Syafi’i Sangat Mengagungkan Sunnah

Imam Syafi’i Sangat Mengagungkan Sunnah – Sunnah secara bahasa adalah jalan atau gaya hidup. Sebagian mengaitkannya dengan sebuah kebaikan. Secara istilah sunnah adalah berpegang teguh dengan jalan yang ditempuh oleh Nabi dan Khulafaur Rasyidin. Baik berupa keyakinan, perbuatan, dan perkataan. Inilah sunnah yang sempurna. Oleh karena itulah, ualma salaf sejak zaman dahulu tidak memakai lafazh “sunnah” kecuali meliputi semua hal diatas. Ini diriwayatkan dari al-Hasan, Auza’i, dan Fudhail bin ‘Iyadh.

imam syafi'iSyaikh Abdullah Al-Fauzan berkata, Kata sunnah itu digunakan untuk tiga makna :

1. Sunnah yang bermakna kalau dilakukan berpahala dan bila ditinggalkan maka tidak berdosa.

2. Sunnah yang bermakna lawan kata bid’ah yaitu apa yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits.

3. Sunnah yang bermakna hadits Nabi Muhammad SAW, yaitu bila diiringkan dengan Al-Qur’an.

Perlu diketahui bahwa berpegang teguh dengan sunnah Nabi memiliki beberapa faedah yang banyak. Diantaranya adalah apa yang disebutkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin :

1. Menjadikan Nabi sebagai panutan sehingga kita menjadi cinta kepada beliau yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah.

2. Membenci bid’ah, sebab semakin seorang kuat berpegang kepada sunnah maka dia akan semakin benci terhadap bid’ah.

3. Hujjahnya akan kuat, sulit terbantahkan.

4. Meniru akhlak kepribadian Nabi yang mulia.

5. Bersikap tengah-tengah antara meremehkan dan berlehih-lebihan.

Semoga Allah SWT merahmati Imam Ibnu Qudamah tatkala beliau mengatakan, “Dalam mengikuti sunnah terkandung banyak manfaat : keberkahan sesuai dengan syariat, mendapatkan ridha Allah, meninggikan derajat, ketenteraman hati dan badan, menyedihkan setan, dan menempuh jalan yang lurus.”

Intinya adalah mari kita hidupkan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW. Terutama sunnah-sunnah yang telah banyak dilupakan oleh manusia. Maka sangat ditekankan bagi orang yang memiliki ilmu untuk menghidupkannya agar sunnah tidak dianggap suatu kemungkaran.

Imam Syafi’i termasuk ulama yang dikenal sangat semangat dalam mengagungkan sunnah Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana pujian para ulama kepada beliau. Imam Ahmad berkata, “Saya tidak melihat seorang pun yang lebih semangat dalam mengikuti sunnah daripada Imam Syafi’i.”

Imam Al-Baihaqi membuat satu bab pembahasan dengan judul “Keterangan yang membuktikan baiknya madzhab Syafi’i dalam mengikuti sunnah dan menjauhi bid’ah.”

Imam Adz-Dzahabi berkata memuji beliau, “Imam Syafi’i adalah seorang ulama yang sangat kuat dalam berpegang teguh terhadap sunnah Rasulullah SAW baik dalam masalah aqidah maupun cabang agama.”

Banyak sekali bukti dari Imam Syafi’i tentang pengagungan beliau terhadap sunnah Nabi Muhammad SAW. Cukuplah sebagai contoh petuah Imam Syafi’i, “Ilmu itu tidaklah indah kecuali dengan tiga perkara : takwa kepada Allah, sesuai dengan Sunnah, dan rasa takut.”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply