Imam Syafi’i Menyeru Kepada Persatuan

Imam Syafi’i Menyeru Kepada Persatuan – Persatuan adalah sesuatu yang sangat ditekankan dan dianjurkan dalam Islam. Namun, perlu diketahui bahwa persatuan disini adalah persatuan diatas aqidah yang sama, bukan persatuan yang sekadar dalam slogan saja sedang pada hakikatnya hati mereka bercerai berai. Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal berikut untuk mempersatukan umat :

imam syafi'i1. Memperbaiki aqidah dari noda-noda syirik
2. Mendengar dan taat kepada para pemimpin, karena memberontak kepada mereka akan menyebabkan kekacauan
3. Kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah dalam menyelesaikan persengketaan
4. Mendamaikan antara manusia yang bersengketa dan bertengakar
5. Memerangi para pemberontak yang ingin memecah belah persatuan

Dan Imam Syafi’i sangat menanamkan beberapa hal diatas sebagai bentuk usaha persatuan. Hal ini sangat diketahui oleh orang yang mempelajari kehidupan beliau. Diantara ucapan beliau dalam masalah ini adalah :

“Barang siapa berpendapat sesuai dengan jama’ah kaum muslimin maka berarti dia berpegang kepada jama’ah mereka, dan barang siapa yang menyelisihi jama’ah kaum muslimin maka dia menyelisihi jama’ah yang dia diperintahkan untuk mengikutinya. Sesungguhnya kesalahan itu ada dalam perpecahan, adapun jama’ah maka tidak mungkin semuanya bersatu menyelisihi Al-Qur’an, Sunnah, dan qiyas Insya Allah.”

Para ulama Syafi’iyyah mengikuti wasiat yang mulia ini, seperti wasiat Imam ash-Shabuni, “Saya wasiatkan kepada kalian agar menjadi umat yang bersaudara dalam kebaikan, tolong-menolong, berpegang teguh dengan tali Allah semuanya dan tidak berpecah belah, dan mengikuti jalan para ulama umat ini seperti Malik bin Anas, Syafi’i, Tsauri, Ibnu Uyainah, Ahmad bin Hambal, Ishaq bin Ibrahim, Yahya bin Yahya, dan selain mereka dari ulama agama Islam. Semoga Allah SWT meridhai mereka semua dan menjadikan kita semua bersama mereka dalam surga-Nya.”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply