Imam Syafi’i Mengagungkan Para Sahabat

Imam Syafi’i Mengagungkan Para Sahabat – Termasuk aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah mengagungkan para sahabat Nabi dan memahami Al-Qur’an dan Hadist sesuai dengan pemahaman mereka. Mereka adalah manusia yang agama dan akalnya terpercaya dengan kesepakatan ulama. Mereka adalah generasi terbaik yang menyaksikan langsung turunnya wahyu sehingga mereka sangat memahami makna dalil secara sempurna.

imam syafi'iImam Syafi’i sangat mengagungkan pemahaman para sahabat, berhujjah dengan ucapan para sahabat, memuji para sahabat, dan melarang keras dari mencela mereka. Berikut beberapa ucapan Imam Syafi’i.

Imam Syafi’i mengatakan, “Bila Al-Qur’an dan Sunnah maka bagi orang yang mendengar keduanya tidak ada udzur untuk tidak mengikutinya. Tetapi kalau tidak ada, maka kita mengambil ucapan para sahabat Rasulullah atau salah satu diantara mereka, kemudian ucapan para imam Abu Bakar, Umar, dan Utsman.”

Imam Syafi’i mengatakan, “Sungguh Allah Tabaraka wa Ta’ala telah memuji para sahabat Rasulullah dalam Taurat dan Injil dan Allah memberikan lewat lisan Rasulullah kepada mereka keutamaan-keutamaan yang tidak diperoleh oleh seorang pun setelah mereka, semoga Allah merahmati mereka dan memberikan keselamatan kepada mereka dengan apa yang Allah berikan kepada mereka itu untuk sampai ke tingkatan para shiddiqin (orang-orang yang jujur), para syahid, dan para shalihin, mereka telah menyampaikan Sunnah Rasulullah kepada kita, dan mereka menyaksikannya ketika wahyu turun kepada beliau, sehingga mereka mengetahui apa yang kita ketahui dan kita tidak ketahui, mereka lebih tinggi daripada kita dari segi amal, kesungguhan, wara’, akal, dan perkara yang dikritik atau diambil dalil, pendapat-pendapat mereka lebih terpuji dan lebih utama bagi kita daripada pendapat kita sendiri.”

Ketahuilah wahai saudaraku bahwa mencela sahabat Nabi berisiko besar karena mereka adalah perantara yang menyampaikan Al-Qur’an dan hadits Nabi kepada kita. Seandainya kita mencela mereka, maka kita sama dengan mencela Al-Qur’an dan Hadits yang mereka ajarkan pada kita.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply