Fungsi dan Tipe Variabel Dasar Pemrograman Bahasa C

Tutorial Bahasa C | Fungsi dan Tipe Variabel Dasar

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar dan mengamati penggunaan fungsi-fungsi dasar turbo C seperti main(), printf(), getch(), getche() yang dipadukan dengan tipe variable dasar yaitu int (bilangan bulat) dan float (bilangan pecahan).

Tutorial Bahasa C

Tutorial Bahasa C

Struktur bahasa pemrograman C terdiri dari bagian #include, deklarasi konstanta, deklarasi variable, deklarasi fungsi-fungsi dan fungsi main(). Bahasa C boleh hanya terdiri dari include dan fungsi main() saja, dimana bahasa C merupakan bahasa yang sensitive case, yaitu penulisannya menggunakan huruf kecil dan membedakan antara huruf besar dan kecil. Oleh kerena itu dalam penulisan program huruf-huruf program bahasa C pada setiap percobaan, harus sama persis baik huruf kecil atau huruf besar, kemudian susunlah program seperti dibawah yaitu dengan memasukkan 3 spasi program yang dibawah void main().

Void berarti fungsi tersebut tidak mempunyai nilai balik, karena setiap fungsi dalam C bila tidak diberikan void didepannya maka dianggap bertipe integer. Tambahkan statement #include bila diperlukan, karena bila pilihan (option) include diaktifkan maka statement #include harus disertakan, dan bila tidak disertakan maka akan ada warning, warning dapat diabaikan asal untuk fungsi standar input output saja). Untuk fungsi-fungsi yang standar seperti printf() &scanf() menggunakan stdio.h sedangkan fungsi clrscr() dan getch() menggunakan conio.h, include adalah file dengan ekstensi ‘h’ dimana berisi deklarasi dari fungsi-fungsi Bahasa C standar atau yang disediakan oleh compiler C, isinya dapat dilihat dengan membuka file yang berekstensi ‘h’ melalui editor Turbo C.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply