Festival Multimedia | Bergerak Menginspirasi

Beberapa orang mungkin sudah tidak asing dengan kata festival atau kata multimedia. Tapi bagaimana jika kedua kata itu digabung menjadi satu. Sehingga terbentuklah kata “Festival Multimedia”, nah lho..! Pasti banyak pertanyaan yang muncul kan, hehehe.. sama sob, saya juga awalnya bingung. Apa itu festifal multimedia..? Apa saja yang ada dalam festival multimedia..? Kenapa harus ada festival multimedia..? Semua pertanyaan ini sempat ada di pikiran saya..!

FESTIVAL MULTIMEDIA…?

Festival Multimedia adalah salah satu event akbar dimana dalam event ini banyak sekali para praktisi mulitmedia berkumpul dan saling bertukar pengalaman. Festival mulitmedia juga bisa menjadi wadah bagi para praktisi multimedia untuk saling mengasah kemampuan lewat ajang kompetisi yang diadakan. Pokonya event ini seru banget deh..! Nah kebetulan, event semacam ini sedang berlangsung di Kampus PENS Surabaya. Event ini diprakarsai oleh HIMA MMB PENS. Wah keren ya mereka-mereka..! Ditengah padatnya jadwal kuliah dan tugas yang menumpuk, mereka masih sempet-sempetnya bikin event kayak gini. Salut deh pokoknya, semangat-semangat buat para panitia MMB Fest 😀

FESTIVAL MULTIMEDIA ON MY MIND

Kalau ditanya ada apa saja di Festival Multimedia? Jujur saja sob, sampai sekarang saya juga masih bingung jawabnya, hehehe 😀 Maklum sob, saya juga belum pernah ikutan event semacam ini. Kalau boleh saya berandai-andai inilah bayangan saya tentang Festival Multimedia.

MMB Fetival

Festival Multimedia On My Mind

Festival multimedia pastinya dihadiri oleh banyak orang, terus pasti rame banget disana, ada stan-stan orang jualan makanan, aneka bazar, ada panggung hiburan, ajang kompetisi, terus ada juga pameran karya multimedia, live music show, dan lain-lain. Yah.., intinya festival multimedia itu tempat yang asyik buat kumpul dan seru-seruan. Hal-hal berikut ini akan melengkapi keseruan dalam setiap event Festival Multimedia :

1. Kompetisi
Kompetisi dalam Festival Multimedia merupakan acara yang paling dinantikan oleh semua praktisi multimedia. Lewat ajang kompetisi, kita bisa mengasah dan mengukur seberapa jauh kemampuan yang kita miliki. Jenis kompetisi ini biasanya seperti Movie Maker Competition, Photography Competition, Digital Magazine, Lomba Desain Kaos, Blog Lover, dan semisalnya. Nah dari sekian banyaknya kompetisi yang diadakan, yang paling saya tunggu adalah Blog Lover. Yah.., maklum lah sob, namanya juga anak blogger. Pasti yang ditunggu-tunggu ya kontes blognya..! Lumayan juga kan kalau bisa menang. Itung-itung bisa buat tambahan sewa domain dan hosting, hehehe 😀

2. Bazar dan Stan Makanan
Ini penting sekali sob, menurut saya bazar dan stan makanan itu harus ada dalam setiap event termasuk dalam event Festival Multimedia ini. Ndak kebayangkan, kalau para pengunjung kita kabur cuma gara-gara kelaparan. Nah itulah pentingnya ada stan-stan makanan dalam festival multimedia ini. Stan makanannya pun ndak usah aneh-aneh sob. Stan biasa yang menjual snack dan makanan ringan saja sudah cukup kok,  yang penting bisa buat ganjal perut.

3. Kaos dan Aksesoris Dengan Tema Tertentu
Dalam setiap event pasti ada yang namanya tema acara. Nah festival multimedia juga harus punya tema khusus sob, biar acaranya semakin seru dan berkesan. Misalnya Festival Multimedia tahun ini kita mengambil tema misteri. Nantinya semua pernak-pernik dan aksesoris yang dipakai juga harus berbau misteri. Kita bisa datang ke festival multimedia itu dengan memakai kostum vampire, topeng seram atau apalah, intinya harus terlihat seram. Kalau ingin menambah sensasi seram, acara ini bisa diadakan di malam hari dengan aksesoris lampu hallowen sebagai pelengkapnya.

4. Hiburan Live Music Show
Nah ini, Festival Multimedia kan tempatnya seneng-seneng dan seru-seruan. Ndak akan lengkap rasanya kalau seru-seruan tanpa diiringi dengan live music show. Music yang dibawakan juga harus sesuai dengan tema acaranya. Misalnya kalau kita mengambil tema romantis, lagu-lagu yang dimainkan bisa lagu-lagu remaja yang mellow.

5. Photography On The Spot
Disela-sela keramaian pengunjung, pasti ada momen-momen seru yang sayang untuk dilewatkan. Momen-momen ini bisa diabadikan oleh pengunjung Festival Multimedia. Panitia bisa membuat ajang kompetisi dengan membuat lomba Photography On The Spot. Pemenang lomba ini bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori, misalnya kategori foto terlucu, foto terunik, foto teralay, dan sebagainya.

6. Pameran Karya Multimedia
Dalam Festival Multimedia biasanya ada stan khusus untuk pameran. Stan pameran ini fungsinya untuk memajang karya-karya yang unik dan kreatif. Stan pameran bisa diberikan sentuhan background animasi 3D dan efek-efek pencahayaan yang keren. Stan paemran ini juga bisa diisi foto-foto hasil hunting lomba Photography On The Spot tadi. Jadi nantinya pengunjung yang lain bisa ikut berpartisipasi menentukan siapa pemenanang dari masing-masing kategori dengan memberikan jumlah polling suara. Satu pengunjung hanya boleh memberikan satu suara. Foto dengan akumulasi suara terbanyak akan menjadi pemenangnya.

7. Seminar Multimedia
Beberapa dari kita pasti sudah pernah mengikuti seminar atau pelatihan. Seminar dalam Festival Multimedia tidak jauh berbeda dengan seminar-seminar pada umumnya. Hanya saja seminar yang di adakan dalam festival multimedia biasanya mengangkat tema-tema yang berbau multimedia. Panitia harus benar-benar jeli dalam memilih materi yang akan di angkat. Materi harus memiliki bobot dan mengangkat isu-isu yang sedang dan akan terjadi di masa depan. Selain itu, panitia juga tidak boleh salah dalam mengundang pemateri. Pemateri harus benar-benar orang yang ahli dibidang tersebut dan memang sudah berpengalaman.

8. Nonton Bareng (Nobar)
Kegiatan nonton bareng bisa diadakan setelah seminar selesai. Itung-itung buat refresing setelah menerima materi yang cukup banyak dan melelahkan. Selain itu, suasana nonton bareng yang santai dianggap bisa mencairkan suasana dan menambah keakraban antar sesama pengunjung.

9. Testimoni Pengunjung
Seperti kata pribahasa “Tak Ada Gading Yang Tak Retak” begitulah adanya acara Festival Multimedia. Sebaik apapun konsep acara yang dibuat, pasti akan selalu memiliki sisi kelemahan dan kekurangan. Baik itu dari segi panitia, pemateri, tempat, dan sebagainya. Oleh karena itu, testimoni dari pengunjung dianggap penting sebagai bahan evaluasi untuk semua panitia. Sehingga kedepannya diharapkan acara ini bisa berlangsung lebih baik lagi.

Semua yang ada diatas hanya sebatas bayangan dan imajinasi saya..! Nantinya, acara Festival Multimedia tergantung konsep yang telah dibuat oleh panitia penyelenggaranya. Rata-rata orang multimedia itu kan kreatif-kreatif. Biasanya mereka berfikirnya Out of the box”. Jadi tunggu aja, keseruan-keseruan yang tak terduga di festival multimedia. Jadi makin penasaran kan..? Ayo ikut gabung aja.. 😀

KENAPA HARUS ADA FESTIVAL MULTIMEDIA…?

Ini dia pertanyaan puncaknya. Kenapa yah.., harus ada festival multimedia..? Toh tanpa festival multimedia pun, bumi masih tetap muter, bener ndak.., hehehe. Festival multimedia bisa menjadi suatu wadah dan ajang tukar pikiran antar sesama praktisi multimedia. Disini mereka bisa kumpul saling berbagi ilmu dan pengalaman selama menjadi praktisi multimedia. Lewat event semacam ini, biasanya banyak inspirasi-inspirasi baru yang muncul. Sehingga diharapkan muncul karya-karya baru yang keren setelahnya. Yah.., sama halnya dengan kopdar blogger itu lho, sob. Jadi kita kopdar tujuannya kan untuk saling sharing ilmu, tukar pengalamaan, seneng-seneng bareng, nambah temen, kurang lebih semacam itulah.

Jangan salah sob, dunia multimedia itu seru n keren abiies lho…! Suatu ketika saya pernah denger ungkapan “Multimedia Make Everything Look Different”. Semua hal bisa terlihat berbeda ketika sentuhan multimedia hadir didalamnya. Contohnya adalah video yang berhasil saya temukan di youtube ini. Pembuat video ini mencoba mengekspresikan kecintaannya pada negerinya lewat sebuah video. Mari kita simak video super keren karya anak bangsa “Kerennya Pribadi Bangsaku – Pancasila sebagai Manual Bangsa“ oleh Rendra Almatsier.

Gimana sob.., super keren kan videonya..? Yah.., itulah dunia multimedia..! Hal yang awalnya biasa, bisa disulap jadi hal yang luar biasa. Hal yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Pesan dari saya “Teruslah berkarya dan berikan yang terbaik untuk negeri ini”. Sekian posting saya tentang “Festival Multimedia | Bergerak Menginspirasi”. Semoga postingan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain, insya Allah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

15 Responses to “Festival Multimedia | Bergerak Menginspirasi”

  1. Nuzulul Arifin

    Mar 09. 2014

    keren artikelnya gan, berbagi itu lebih baik . tapi menginspirasi banyak orang jauh lebih baik.
    bravo, sukses yah, semoga bisa menjadi inspirasi untuk yg lain..

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 09. 2014

      iya gan, makasih banyak atas kunjungannya ya, jgn bosan2 mampir kesini lagi 🙂

      Reply to this comment
  2. Hanafi Ganteng

    Mar 09. 2014

    informasi yang di tampilkan sangatlah luaarr biasssa sekali.., semoga berguna bagi publik. dan semoga dunia multimedia di Indonesia terus maju dan berkembang

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 09. 2014

      makasih banget udah mau berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang, insya Allah 🙂

      Reply to this comment
  3. Kang Candra

    Mar 09. 2014

    mantep tenan iki postingane mastah, dungo sing akeh wae ben iso menang, wingi aq arep melu tapi isih ra ono waktune, wkwkwkw 😀

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 09. 2014

      iyo mas matur suwun..,
      asam, sing mastah iku sampean mas, piye usahane mas, wis iso tuku omah piro, aq njaluk siji oleh ora :v

      Reply to this comment
  4. Vriska Afida

    Mar 09. 2014

    wah maksimal n keren abis artikelnya zal, smangat terus kuliahnya ya.., n jgn sampai lupa sama aq, hehehe 🙂
    gimana kabarnya anak2 di sby…?

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 09. 2014

      iya mbak, insya Allah tetep smangat, kan ada sampean yg nyemangatin, *guyon
      anak2 yg mana, aq belum punya anak, itu anak’e sampean paling, hehehe 😀

      Reply to this comment
  5. Richo A. Nogroho

    Mar 11. 2014

    Menarik sekali dari ulasannya mas. saya belum pernah hadir dalam festifal mutimedia. hanya ini yang kedua kalinya saya baca mengenai acara di kampus PENS. jadi semakin punya gambaran mengenai rangkaian acaranya nanti 🙂

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 12. 2014

      makasih gan, udah mau berkunjung, kampus PENS itu memang kampus kebanggaan saya, dan semoga artikel ini bisa sedikit ikut berpartisipasi dlm rangka memperkenalkan nama PENS ke publik, hehehe, 😀

      #PENS_JOSS

      Reply to this comment
  6. Pandu Aji Wirawan

    Mar 12. 2014

    Akehe sing komen, blogku wae ra akeh sing komen :D. asem kok 😀

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 12. 2014

      mosok rung ngerti carane mas,

      nek kepingin blog’e sampean akeh sing komen, sampean kudu sering komen ndek blog’e uwong disek mas 😀
      # trik_blogwalking

      Reply to this comment
  7. Maschun Sofwan

    Mar 12. 2014

    keren bro artikelnya

    Reply to this comment
    • Rizal Romadhoni Hidayatullah

      Mar 12. 2014

      makasih gan, jgn bosan2 berkunjung lagi ke sini ya.. 🙂

      Reply to this comment
  8. Kirby

    Mar 15. 2014

    Keren gan tulisannya 🙂

    Reply to this comment

Leave a Reply