Do’a di Malam Lailatul Qadar Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Do’a yang dibaca pada malam lailatul qadar – Sesungguhnya dalam setahun terdapat beberapa hari dan waktu tertentu yang memiliki keutamaan di sisi Allah SWT. Apabila doa dipanjatkan pada saat itu maka keutamaan yang lebih besar akan diperoleh, dan lebih memungkinkan untuk dikabulkan dan diterima oleh Allah. Bagi-Nya-lah hikmah yang sempurna. Di antara waktu yang Allah SWT istimewakan dengan karunia dan kemuliaan yang melimpah adalah bulan Ramadhan. Allah SWT memuliakannya daripada yang lain. Allah SWT juga mengutamakan sepuluh hari terakhir ketimbang hari-hari yang lain dalam bulan tersebut.

Doa-Di-Malam-Lailatul-Qadar

Doa-Di-Malam-Lailatul-Qadar

Allah SWT mengutamakan malam Al-Qadr dengan tambahan karunia dan kedudukan yang agung di sisi-Nya daripada seribu bulan, memuliakan dan meninggikan kedudukan malam tersebut di sisi-Nya. Allah menurunkan wahyu dan firman-Nya yang mulia pada malam tersebut, sebagai petunjuk bagi orang yang bertakwa, sebagai pembeda baik dan buruk bagi mereka yang beriman, sebagai sinar, cahaya dan rahmat.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. sesungguhnya Kami adalah yang mengutus rasul-rasul, sebagai rahmat dari Rabbmu. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui, Rabb yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, jika kamu adalah orang yang meyakini. Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang menghidupkan dan yang mematikan (Dialah) Rabb-mu dan Rabb bapak-bapakmu yang terdahulu.” (QS. Ad Dukhaan: 3-8)

Allah SWT juga berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) keselamatan hingga terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5)

Sangat dianjurkan untuk memperbanyak do’a pada malam lailatul qadar. Lebih-lebih do’a yang dianjurkan oleh suri tauladan kita Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana terdapat dalam hadits dari Aisyah. Beliau radhiyallahu ‘anha berkata,

“Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu?” Beliau menjawab, “Katakanlah : ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi)

Itulah sedikit ulasan mengenai “Do’a di Malam Lailatul Qadar Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW“. Semoga postingan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply