Cara Mudah dan Gratis untuk Mengirim File Berukuran Besar Secara Online

Email memang sudah menjadi alat yang biasa kita gunakan untuk mengirim pesan maupun mengirim file. Namun ada satu kelemahan dan batasan dalam sebuah email, yaitu tidak bisa mengirim file yang berukuran besar! Yup, layanan email seperti Gmail, Yahoo Mail, Outlook, dsb membatasi besarnya file attachment yang bisa kamu kirim. Batasan ini cukup bervariasi mulai dari 20 Mb hingga 25 Mb. Lalu bagaimana jika file yang ingin kamu kirim berukuran besar..??

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, berikut ini adalah beberapa cara yang biasa saya gunakan untuk mengirim file berukuran besar:

1. Memanfaatkan Cloud Storage

software-untuk-mengirim-file-online

Software Pengirim File Online

Kamu bisa mengupload file yang ingin kamu kirimkan ke layanan cloud storage seperti OneDrive, Dropbox, Google Drive, dan Box terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu mengirim email dengan menyertakan link download publik nya. Tetapi untuk cara ini kamu perlu melihat batasan besarnya single file yang bisa diupload ke cloud storage tersebut. OneDrive memiliki batasan per file yang bisa diupload sebesar 2GB, Google Drive 10GB, dan Box 250GB (dengan asumsi kamu menggunakan free account). Jika file kamu ukurannya lebih dari itu, pecah saja menjadi beberapa bagian menggunakan WinRAR atau 7Zip.

2. Menggunakan Filemail

Filemail adalah layanan yang memang dibuat khusus untuk mengirimkan file berukuran besar melalui email. Kamu bisa mengirimkan file yang berukuran hingga 30 GB ke alamat email yang kamu inginkan. Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan registrasi. Kamu tinggal buka saja halaman Filemail lalu memasukkan email kamu, email yang dituju, dan pesan yang ingin kamu sampaikan. Setelah itu upload file dan kirimkan.

software-untuk-mengirim-file-online-1

Software Pengirim File Online

Si penerima akan mendapatkan email berisi pesan dan link untuk mendownload file tersebut. Bagi pengguna Filemail free, file yang diupload akan tersimpan selama 7 hari. Jadi pastikan kamu memberi tahu si penerima untuk segera mendownload file tersebut dalam 7 hari atau kurang. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan WeTransfer yang memiliki fungsi sama dengan Filemail. Bedanya kamu hanya bisa mengupload file dengan ukuran maksimal 2 GB saja di WeTransfer.

Itulah 2 cara cepat dan mudah dalam mengirim file berukuran besar secara online. Kamu bisa memilih cara mana yang paling nyaman buat kamu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply