Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama – Selamat malam sobat netter, kali ini portalmahasiswa akan mengulas tips dan trik bagaimana cara merawat laptop yang benar. Laptop adalah barang elektronik yang perlu dijaga dengan baik, maklum karena harganya juga tidak murah. Beberapa pengguna laptop sering kali salah dalam melakukan perawatan terhadap laptop yang mereka miliki. Kebanyakan dari teman-teman kita belum tahu bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tahan lama. Oleh karena itu, tips dan trik ini semoga bisa membantu temen-temen netter semua dalam merawat laptopnya masing-masing. Tips n trik ini bisa sobat gunakan pada semua merek laptop, seperti Acer, Apple, Dell, Lenovo, Toshiba, Advan, Asus, Forsa, MSI, Zyrex, Aedupac, Axioo, Fujitsu, Samsung, A-Note, Benq, Gateway, Sony, Vaio, Byon, HP,  dan merek laptop yang lainnya.

Toshiba-12q4-S875

Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama | Portal Mahasiswa

Cara Merawat Laptop Agar Awet

  1. Bersihkan laptop dari debu yang menenpel dengan kuas atau tisu halus secara perlahan-lahan. Debu bisa membuat laptop kita cepat panas atau overload.
  2. Hindari pemakaian laptop diatas tempat tidur, bantal, atau yang bisa menyumbat sirkulasi udara panas dari bagian bawah.
  3. Jangan terlalu sering bermain game 3D, seperti PES, Winning, Dota/Warcraft, CS Zero, dll, Hal ini akan mempercepat kerusakan komponen-komponen pada laptop kita terutama cihpset pada VGA.
  4. Sangat dianjurkan memakai laptop dengan baterai, saat tegangan listrik di rumah, kantor, kampus sedang tidak stabil atau naik turun.
  5. Jangan menutup LCD laptop sebelum laptop benar-benar shutdown.
  6. Battery laptop ingin awet dan tahan lama, cabut adaptor laptop ketika sudah mencapai 99%.. dan ketika sudah 20% langsung pasang kabel adaptor laptop.
  7. Sangat dianjurkan menggunakan laptop dengan kipas pendingin laptop.
  8. Laptop tidak selayaknya untuk anak kecil atau anak SD yang pemula menggunakan laptop apabila orangtuanya masih tidak mengerti sama sekali tentang laptop atau komputer. Karena menggunakan laptop harus ekstra hati-hati.
  9. Jika laptop terkena air, jangan langsung dinyalakan.
  10. Sebisa mungkin jangan terlalu sering melakukan install ulang pada laptop. Karena hal ini akan membuat hardisk laptop cepat rusak.
  11. Jika laptop sedang digunakan tidak boleh berada didalam tas atau softcase. Laptop harus dikeluarkan dari dalam tas/softcase saat sedang digunakan. Hal ini kita lakukan supaya sirkulasi udara panas dari dalam laptop bisa keluar dengan lancar.

Sekian tips dan trik tentang “Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama” dari portalmahasiswa.com. Semoga tips dan trik ini bisa membuat laptop kita selalu awet dan tahan lama.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply