Cara Membuat Blog di Blogspot

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru 2014 – Tutorial hari ini mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat blog di blogspot atau blogger. Telah banyak website lain yang menjelaskan tutorial ini. Meskipun demikian, kami mencoba sedikit mereview kembali tutorial tersebut dengan gaya bahasa yang berbeda. Tujuan kami adalah untuk lebih memudahkan para newbie dalam memahami tutorial cara membuat blog di blogspot atau blogger.

Apa itu Blog..?

Blogger

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan dari seorang blogger dalam rangka berbagi ilmu kepada blogger lain. Tulisan-tulisan di blog biasanya dimuat dalam urutan yang terbalik. Misalnya artikel terbaru ditampilkan terlebih dahulu baru kemudian diikuti oleh artikel selanjutnya yang lebih lama. Sebuah blog bisa di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang sedang dibahas atau dibuat oleh si pembuat blog tersebut.

Keuntungan Membuat Blog

Keuntungan membuat blog sangat banyak. Misalnya dengan membuat blog kita dapat bertukar informasi dengan blogger lain, sarana penyambung silaturahmi, penyalur hobi, mencari informasi, menghasilkan uang, dan masih banyak lagi. Telah banyak rekan-rekan blogger yang sukses lewat blog mereka. Mereka mampu menghasilkan banyak uang lewat nge-blog. Beberapa teman blogger yang saya kenal misalnya, mereka telah mampu mencukupi kebutuhan hidup mereka melalui blog. Jika Anda tertarik belajar nge-blog, artikel ini bisa Anda gunakan sebagai langkah awal Anda dalam mendalami dunia bloging secara lebih mendalam.

Cara Membuat Blog di Blogspot

Blogspot adalah platform blog yang menjadi salah satu primadona para blogger di Indonesia. Blogspot sangat cocok buat para blogger yang masih baru belajar (newbie). Meskipun pada kenyataannya sebagian para blogger master mencibir blogspot dan selalu membanding-bandingkannya dengan WordPress, blogspot selalu ada dan yang utama di hati saya. Blogspot bersifat gratis dan sudah support beragam script. Terlebih lagi blogspot adalah milik si mbah Google sehingga banyak sekali blogger termasuk saya yang lebih memutuskan untuk menggunakan Blogspot daripada WordPress.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat blog di Blogspot :

1. Membuat Email di Gmail.com

Langkah pertama dalam membuat blog di blogspot adalah membuat akun email. Kita akan membuat email dengan platform email milik si mbah Google (Gmail). Sebenarnya kita bisa menggunakan email platform lain tetapi kami lebih merekomendasikan Gmail. OK.., langsung saja kecaranya. Buka gmail.com setelah itu klik Buat Akun. Kemudian isikan biodata lengkap kita pada form yang telah disediakan. Selesai.., sekarang kita sudah memiliki email.

Gmail

2. Membuat Blog di Blogspot

Setelah kita memiliki email, saatnya kita menuju langkah berikutnya yaitu membuat blog.

Blogger

Buka Blogger.com setelah itu klik Daftar
1. Klik blog baru
2. Isi judul blog Anda
3. Isikan alamat/domain blog Anda
4. Pilih themes/tema blog yang Anda sukai
5. Klik Buat Blog

Penjelasan Form Pengisian Membuat Blog

Judul : digunakan sebagai penamaan blog kita, misal untuk blog ini diberi judul PORTAL MAHASISWA
Alamat/domain : adalah url alamat blog yang diinginkan, misalnya blog ini alamatnya portalmahasiswa.com
Themes/tema : adalah model atau style tampilan blog kita. Pilihlah sesuai dengan selera Anda masing-masing.

3. Blog Kita Sudah Jadi

Selamat..! Sampai disini blog kita sudah berhasil dibuat, namun tampilannya masih kosong. Setelah ini Anda harus mengisinya dengan berbagai artikel atau informasi-informasi unik yang Anda inginkan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply