9 Tips Mudik Lebaran Agar Tidak Cepat Lelah

9 Tips Mudik Lebaran Agar Tidak Cepat Lelah – Mudik adalah salah satu tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Tradisi Mudik biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali. Saat – saat seperti hari raya idul fitri sering digunakan sebagai momen penting untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Perjalanan mudik oleh masyarakat Indonesia lebih sering dilakukan dengan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum. Kelayakan kendaraan, seperti mobil dan sepeda motor, sangat wajib dilakukan sebelum hari H. Memastikan mesin, rem, kaki-kaki, ban, kelistrikan, dan wiper harus diperiksa secara detail. Bila perlu bawalah ke tempat servis resmi sesuai merk kendaraan yang Anda miliki.

Tips-Mudik-Agar-Tidak-Cepat-Lelah

Tips-Mudik-Lebaran-Agar-Tidak-Cepat-Lelah

Kalau semua hal tersebut sudah dilakukan, persiapan lainnya adalah kondisi badan si pengendara. Kondisi badan Anda harus dalam keadaan fit. Hal ini sangat penting, mengingat Anda akan menempuh perjalanan yang jauh. Anda harus menempuh perjalanan melintasi kota, bahkan pulau tak pelak akan menguras banyak tenaga. Diperlukan kondisi fisik yang prima untuk dapat berkonsentrasi pada jalanan. Sehingga Anda perlu mengetahui 9 tips mudik agar tidak cepat lelah berikut ini:

1. Tidur yang Cukup

Usahakan tidur 10-45 menit sebelum mudik dan jangan langsung mengemudi setelah sahur. Kondisi tubuh di waktu ini belum 100% sadar, artinya masih ada peralihan dari bangun tidur. Sebaiknya tunggu setelah dirasa badan benar-benar dalam kondisi siap untuk mengendarai.

2. Hindari Karbohidrat Terlalu Banyak

Efek dari mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak akan membuat Anda cepat mengantuk. Jadi sewaktu sahur hindarilah makanan yang banyak mengandung karbohidrat, begitu pula dengan yang berlemak. Lebih tepat bila Anda mengonsumsi kafein seperti pada kopi dan air putih untuk menjaga kesegaran tubuh.

3. Mulailah Perjalanan Lebih Awal

Lebih cepat lebih baik. Ungkapan tersebut sepertinya juga tepat untuk diterapkan pada mudik Anda. Semakin awal Anda memulai perjalanan, akan semakin cepat pula Anda sampai di tempat tujuan. Selain jalannya masih cenderung sepi, kondisi tubuh di pagi hari masih segar, jadi Anda tidak cepat lapar, lelah, dan mengantuk.

4. Tetap Fit dengan Olahraga

Berpuasa bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga sama sekali, hanya mengurangi gerakan yang dapat menguras banyak tenaga dan membuat cepat haus. Lakukan senam ringan atau yoga. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan tetap fit sampai hari keberangkatan. Anda bisa melakukan senam ringan untuk membuat tubuh Anda tetap fit.

5. Istirahat Setiap 2 Jam atau 240 km

Jangan memaksa ingin cepat sampai lalu Anda terus mengendarai dalam waktu yang lama. Beristirahatlah setiap 2 jam atau sampai jarak 240 km. Keluar dari kendaraan sejenak dan lakukan peregangan otot, tidur di tempat peristirahatan bila memang benar-benar lelah, dan perbanyak minum air putih.

6. Hindari Mendengarkan Musik dengan Beat yang Berulang (monoton)

Mendengarkan Musik di Dalam Mobil adalah salah satu metode untuk relaksasi dalam berkendara. Tetapi Anda perlu ingat jangan mendengarkan musik dengan beat yang berulang atau monoton. Jenis musik semacam ini akan membuat anda cepat bosan. Alunan musik yang berulang cenderung membosankan dan bila Anda bosan, maka Anda akan cepat mengantuk. Isi gadget Anda dengan musik yang menyenangkan sesuai selera Anda.

7. Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Waspada terhadap sinar matahari, karena sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat mengganggu kemampuan mengemudi. Untuk pengemudi motor, kenakan pakaian lengkap disertai kacamata hitam agar tidak silau. Sedang pengemudi mobil bisa membuka visor (penutup yang ada di baris depan) untuk menghalangi sinar matahari mengenai penglihatan Anda.

8. Sediakan Pengemudi Cadangan

Bila memungkinkan, sediakan pengemudi cadangan untuk menggantikan Anda. Sebab pada dasarnya manusia hanya mampu bertahan menyetir maksimal 12 jam.

9. Sopan dan Sabar dalam Berkendara

Sebagai fasilitas umum, jalanan tentu saja dipakai oleh semua orang. Masing-masing ingin cepat, sehingga emosi cepat tersulut. Selalu bersikap sopan dan sopan dalam berkendara juga penting dilakukan untuk menghemat energi. Marah-marah hanya akan membuat Anda cepat lelah.

Selamat menjalani 9 tips mudik agar tidak cepat lelah. Semoga lancar dan selamat sampai tujuan Anda untuk bertemu dengan keluarga dan merayakan hari kemenangan bersama. Itulah sedikit ulasan mengenai “Tips Mudik Lebaran Agar Tidak Cepat Lelah“. Semoga postingan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply