7 Tips Pengolahan Makanan yang Sehat

7 Tips Pengolahan Makanan yang Sehat – Makanan adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup termasuk kita. Makanan sangat penting bagi tubuh sebagai asupan energi. Tanpa makanan kita akan kekurangan energi sehingga aktifitas kita bisa terganggu. Bahkan untuk beberapa kasus, orang yang kekurangan makanan akan menderita penyakit malnutrisi atau gizi buruk. Oleh karena itu, makanan sangat penting bagi kita.

Makanan Sehat

Portal Mahasiswa | Macam Makanan Sehat

Makanan yang kita makan juga tidak boleh sembarangan. Kita harus memilih dan mengolahnya terlebih dahulu. Namun, semua yang kita lakukan belum cukup sampai disitu. Pada beberapa kasus, makanan yang kita konsumsi terkadang masih terdapat bakteri. Bahkan baketri itu masih hidup setelah proses pengolahan makanan (dimasak). Bila kondisi ini yang terjadi, lalu apa yang haurs kita lakukan…?

Berikut ini adalah 7 tips pengolahan bahan makanan yang sehat untuk kita dan keluarga kita :

1. Kenali Sumber Bahan Makanan

Langkah pertama adalah mengenali sumber bahan makanan yang kita konsumsi. Beberapa sumber bahan makanan terkadang sudah tercemar oleh bakteri sebelum sampai ke tangan kita. Jadi saran kami, kenali dan pilihlah sumber bahan makanan yang akan kita konsumsi. Pastikan sumber bahan makanan tersebut sehat dan terbebas dari bakteri dan kuman berbahaya.

2. Pemisahan Bahan Makanan

Pemisahan bahan makanan sangat penting untuk kita lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontaminasi bakteri diantara bahan makanan yang kita miliki. Pisahkan makanan berdasarkan jenisnya. Misalnya daging, buah, sayur, seafood, dan lain-lain. Gunakan pisau dan papan potong yang berbeda untuk setiap jenis bahan makanan. Misalnya pisau yang sudah dipakai untuk memotong daging jangan digunakan lagi untuk memotong buah dan seterusnya.

3. Cucilah Tangan, Alat-Alat Masak, dan Bahan Makanan

Bakteri dan kuman bisa tumbuh dan berkembangbiak dimana saja. Kita harus memastikan bahwa tangan, alat-alat masak, dan bahan makanan yang akan kita konsumsi telah bersih dan higienis. Kita harus mencuci bersih semua perlengakapan makan kita agar terbebas dari bakteri dan kuman berbahaya. Yang terpenting, tumbuhkan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan.

4. Proses Memasak

Proses memasak adalah proses terpenting dalam pengolahan makanan yang sehat. Proses memsak ini harus berdasarkan pada suhu dan waktu. Kebanyakan dari kita seringkali memasak makanan hanya dengan perkiraan saja. Jika kita melihat masakan sudah berubah warna, biasanya kita menganggap makanan itu telah matang. Padahal untuk beberapa bahan makanan tidak berlaku hal ini. Pesan kami, hidari untuk mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan matang. Makanan yang tidak dimasak dengan matang akan menjadi sarang bakteri ditubuh kita.

5. Penyajian Makanan

Penyajian makan juga penting dalam proses pengolahan makanan yang sehat. Sajikan makanan ditempat yang bersih dan terbebas dari kontaminasi bakteri. Sebelum makan bersihkan alat-alat makan seperti piring, sendok, garpu, dan lain-lain. Pastikan semua peralatan tersebut benar-benar bersih dan siap untuk digunakan.

6. Alat Pendinginan

Pendinginan bahan makan juga perlu diperhatikan. Jangan biarkan makanan berada diluar ruangan dalam kurun waktu yang lama. Hal ini akan membuat bakteri tumbuh dan berkembangbiak. Ini disebabkan bakteri akan tumbuh dan berkembangbiak pada suhu 24°C (suhu ruangan). Jadi pastikan masukkan makanan kita kedalam alat pendingin atau kulkas. Setidaknya hal ini bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman berbahaya didalam makanan kita.

7. Berdo’a Sebelum dan Sesudah Makan

Semua yang ada dilangit dan yang ada dibumi ini adalah milik Allah SWT. Dialah Allah Dzat tunggal yang Maha merajai segala sesuatu. Setidaknya kita harus berdo’a dan meminta perlindungan kepada Allah SWT setiap sebelum dan selesai melakukan sesuatu. Semoga kita semua diberikan kemudahan didalam setiap urusan kita.

Sampai disini dulu bahasan kami tentang “7 Tips Pengolahan Makanan yang Sehat“, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang pentingnya menjaga kesehatan. Terlebih sebentar lagi kita akan menyambut bulan yang sangat mulia yaitu bulan suci Ramadhan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply