5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Bisa Dilakukan Mahasiswa untuk Menambah Uang Saku

Sebagai seorang mahasiswa, kewajiban utamamu adalah menimba ilmu di kampus dengan sebaik-baiknya. Untuk persoalan uang kebutuhan sehari-hari, kamu nggak perlu pusing-pusing mikirin, karena orangtuamu masih akan menanggung sepenuhnya. Tapi masalahnya, uang saku yang diberikan orangtuamu itu seringkali kurang mencukupi kebutuhan bulananmu.

Nah, karena itulah kamu perlu berusaha sendiri untuk menambah pundi-pundi uang di dompetmu. Salah satunya adalah dengan bekerja paruh waktu sebagai freelancer. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu coba untuk menambah uang saku sekaligus ilmu dan pengalamanmu sebagai mahasiswa!

1. Jadilah penulis paruh waktu yang bisa menulis artikel dari rumah atau kostan

penulis

Kalau kamu punya bakat menulis yang cukup baik, jangan sia-siakan begitu saja. Kalau kamu memang merasa punya kemampuan yang baik dalam menulis dan menyusun kata-kata, kenapa kamu nggak coba untuk menjadi seorang penulis lepas? Jadi seorang penulis lepas gak menyita banyak waktumu kuliah dan belajarmu kok.

Kamu bisa cari-cari info tentang loker penulis lepas di internet, banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis artikel-artikel sesuai dengan orderan. Jangan takut juga untuk mencoba melamar ke beberapa website media online, tanyakan dulu apakah terdapat loker untuk penulis paruh waktu. Atau kamu juga bisa langsung buka lapak di forum-forum jual beli online, jual jasamu untuk menulis.

2. Bekerjalah sebagai guru privat untuk menambah penghasilan

les-privat

Selain karena uang, gak ada salahnya kalau motivasimu untuk bekerja adalah untuk berbagi ilmu yang kamu punya. Kalau kamu adalah mahasiswa dari jurusan MIPA, kamu bisa menawarkan jasamu jadi guru privat untuk anak-anak SMA. Atau kamu punya kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Kenapa nggak coba melamar kerja di tempat kursus bahasa asing atau guru les privat bahasa asing untuk anak-anak sekolah?

Orangtua-orangtua rela lho mengeluarkan uang banyak supaya anak-anak mereka bisa mendapatkan bimbingan khusus dari guru les privat. Jadi guru les privat memang harus punya kesabaran yang ekstra, tapi saat kamu bisa berbagi ilmu yang kamu punya pada adik-adik didikmu, kamu pasti akan merasakan kepuasan yang tak ternilai dengan uang dan tak bisa kamu dapat di bangku kuliah.

3. Bekerja paruh waktu sebagai penerjemah bahasa

translator

Jika menjadi guru les privat bahasa asing terlalu menyita banyak waktumu, kamu bisa kerja part time sebagai seorang penerjemah. Pekerjaan ini juga sangat bersahabat bagi para mahasiswa, lho! Kamu nggak harus ngantor, kamu bisa mengerjakannya di rumah. Kalau kamu punya kemampuan Bahasa Inggris yang bagus, tawarkan jasamu pada orang-orang yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen-dokumen mereka.

Atau jika kamu jago Bahasa Jepang, kamu bisa melamar kerja part time di penerbit terkenal sebagai penerjemah komik Jepang. Atau kamu juga bisa mencoba sebagai translator di perusahaan-perusahaan asing di Indonesia. Kalau kamu beruntung, kamu bisa saja diboyong ke Jepang untuk jadi penerjemah selama ada keperluan di luar negeri, lho!

4. Membuka Jasa Service Laptop

servis-komputer

Kalau kamu biasanya cuma menggunakan keterampilanmu untuk memperbaiki komputer, laptop, atau ponselhanya untuk diri sendiri, membantu teman, dan saudara, sekarang manfaatkan keterampilanmu sebagai ladang uang tambahanmu. Kebutuhan akan gawai canggih di kalangan anak muda saat ini semakin tinggi, jadi ini adalah peluang yang cukup bagus buatmu.

Saat orang-orang terdekatmu sudah sering menjadi pelangganmu, jangan sungkan meminta mereka untuk mempromosikan jasamu pada teman-teman mereka yang belum kamu kenal. Tak hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulu saja, tapi tawarkan juga jasamu secara online. Saat ini memang sudah banyak yang memiliki keahlian seperti ini, tapi yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memanfaatkan kesempatan dan peluang di sekitarmu.

5. Gunakan skill fotografimu untuk Membuat Peluang Usaha

fotografer

Mengingat kebutuhan foto saat ini semakin mendesak, maka semakin banyak orang yang membutuhkan jasa seorang fotografer. Sekaran ini, untuk bisa mendapatkan foto wisuda yang bagus dan unik, orang-orang rela merogoh kocek yang nggak sedikit. Kalau kamu hobi fotografi, punya kamera DSLR, dan punya skill editing foto, kenapa nggak menawarkan jasa foto kepada teman-temanmu?

Tawarkan jasa foto wisuda atau pre wedding pada orang-orang di sekitarmu, atau kamu juga bisa melamar kerja di studio foto sebagai fotografer. Penghasilan dari memotret ini terbilang lumayan tinggi bagi seorang mahasiswa. Lagi pula, bekerja sebagai fotografer kamu juga bisa sekaligus mengembangkan skill fotografimu. Bisa juga ini jadi salah satu upaya dan usahamu untuk merintis bisnis kecil-kecilanmu nanti ‘kan?

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, masih ada banyak lagi pekerjaan part time bagi mahasiswa. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan dan keahlianmu. Selain uang sakumu bertambah, pengalamanmu sebagai mahasiswa pun akan semakin kaya. Dengan bekerja paruh waktu, masa kuliahmu akan semakin jadi lebih bermakna. Artikel aslinya bisa dibaca disini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply