5 Kiat Memanfaatkan Statusmu Sebagai Mahasiswa Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Portalmahasiswa.com – Kalau kamu punya niatan untuk jadi seorang wirausahawan, tak perlu menunggu sampai sudah lulus kuliah. Mungkin selama ini kamu selalu berpikir bahwa kuliah sambil berwirausaha itu pasti repot. Tapi sebenarnya berakrobat menyeimbangkan kedua dunia itu bisa, kok. Toh banyak entrepreneur muda yang bisa sukses berwirausaha sejak mereka masih kuliah. Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberimu banyak keuntungan. Saat ini banyak bank berlomba menggelar kompetisi wirausaha untuk mahasiswa, sehingga kamu bisa mendapat suntikan modal dari sana dengan ide usahamu yang unik. Selain itu, menumbuhkan usaha kecil-kecilan sejak kuliah juga bisa membuatmu punya pekerjaan pasti saat sudah lulus kuliah nanti.

Pengusaha Muda

1. Temukan ide unik yang memungkinkan untuk kamu kerjakan. Misalnya, ide yang dekat dengan duniamu dan teman-temanmu sebagai mahasiswa.

Cobalah dengan memulai menulis beberapa ide bisnis yang unik dan kreatif setiap harinya. Kamu tak perlu harus sampai menulis ide bisnis yang terlalu banyak, tapi malah mengada-ada dan nggak realistis. Tulislah 5-10 ide bisnis per hari yang sekiranya menarik dan inovatif bagi mahasiswa atau anak-anak kost sepertimu.

Ketika kamu sudah merasa menemukan ide terbaik untuk usahamu, coba tanyakan dan diskusikan pada teman-teman dekatmu di kampus, himpunan, UKM, dan di kostan. Jika idemu mendapat sambutan baik dari mereka, cobalah untuk bertanya pada dosen mata kuliah bisnis atau teman dan saudara yang sudah punya banyak pengalaman berbisnis. Jika mereka memberimu lampu hijau, maka lanjutkan, jika tidak, terus cari ide yang menarik.

2. Pelajari produk yang sudah laku di pasaran, temukan kekurangannya, dan buat produk yang lebih sempurna.

Menemukan ide itu memang terkadang bisa jadi hal yang sulit. Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menemukan idemu sendiri, cobalah untuk mencari sebuah produk yang bagus, yang bisa kamu contoh dan adaptasi. Perhatikan baik-baik dan buatlah analisa tentang produk tersebut. Apa saja kelebihan dari produk tersebut hingga banyak peminatnya, dan juga tuliskan apa saja kekurangannya. Ketika kamu sudah menemukan beberapa kekurangannya, temukan cara untuk bisa menyempurnakan produk tersebut. Kembangkan produk yang sudah kamu pelajari tadi dengan ide-idemu yang inovatif.

3. Carilah seorang mentor yang bisa memberimu masukan dan saran tentang usahamu.

Kamu perlu menambah ilmu dan pengetahuanmu tentang berbisnis dari orang yang sudah berpengalaman. Carilah teman-temanmu yang mungkin sudah lebih dulu terjun di dunia wirausaha darimu. Bertanya-tanyalah tentang kiprahnya dalam berbisnis. Atau jika kamu punya teman dari fakultas ekonomi dan bisnis, banyaklah bertanya-tanya pada mereka. Sebagain besar dari mereka pasti sudah punya pengalaman untuk berbisnis. Tanyakan bagaimana cara menjalankan bisnis yang efektif menurut mereka. Bagaimana strategi marketingnya, dan masih banyak lagi. Kapan lagi kamu bisa punya penasihat bisnis yang bisa memberimu masukan gratis kalau bukan karena teman sendiri dari kampus?

4.  Kamu nggak bisa kerja seorang diri. Mintalah bantuan pada teman-temanmu yang punya kemampuan lain yang tak kamu miliki.

Supaya usahamu makin berkembang, kamu butuh bantuan dari orang lain. Mintalah bantuan pada teman-teman atau mahasiswa dari fakultas lain yang bisa membantumu dalam hal di luar kemampuanmu. Misalkan kamu butuh untuk membuat katalog, buatlah katalog dengan foto-foto produkmu yang bagus dan menarik. Jika kamu tak bisa fotografi dan editing, minta bantuan pada temanmu yang bisa melakukannya. Atau kalau kamu butuh design logo atau website, tapi kamu tak punya teman yang bisa melakukannya, carilah teman dari jurusan seni atau desain. Jangan malu-malu untuk menambah teman dan meminta bantuan padanya. Jika dia tak mungkin memberi bantuan secara cuma-cuma, buatlah kesepakatan yang bisa menguntungkanmu dan dia.

5. Temukan konsumen lewat semua komunitas yang ada di kampusmu.

Saat produk usahamu sudah benar-benar siap, sekarang saatnya untuk bekerja ekstra memasarkannya. Gunakan semua strategi pemasaran dan promosi yang paling efektif untuk menjangkau calon konsumenmu. Sebarkan flyers, sticker, diskon, gratisan, di setiap komunitas kampus, seperti himpunan mahasiswa, komunitas, UKM, dll. Jangan takut rugi dulu saat kamu melakukan promosi diskon atau gratisan, karena saat baru merintis kamu memang harus mau mengambil risiko untuk rugi. Anak-anak mahasiswa atau kostan pasti sangat tertarik dengan hal-hal yang murah apalagi gratis. Promosi semcam ini adalah langkah pertama untuk mengenalkan produkmu pada orang-orang.

Demikianlah 5 Kiat Memanfaatkan Statusmu Sebagai Mahasiswa Untuk Menjadi Pengusaha Sukses. Artikel aslinya bisa di baca di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

No comments.

Leave a Reply