10 Tips Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Tips Merawat Laptop dan Netbook yang Baik dan Benar – Hari ini laptop bukan lagi barang yang langka. Hampir setiap orang memiliki laptop pribadi mereka masing-masing. Saat ini laptop memang seperti bahan kebutuhan pokok yang wajib dimiliki. Mulai dari kalangan pekerja, mahasiswa, pelajar, bahkan anak-anak, semuanya adalah pengguna laptop. Sayangnya membanjirnya laptop dipasaran tidak diimbangi dengan tips-tips khusus untuk merawat dan menjaga laptop itu sendiri. Sehingga banyak sekali para pengguna laptop yang mengeluhkan laptop mereka cepat panas, tidak awet, cepat rusak, dan sebagainya. Semua keluhan ini sebenarnya bisa diatasi dengan penggunaan dan perawatan laptop dengan baik dan benar.

Berikut kami sediakan beberapa tips khusus merawat laptop agar awet dan tahan lama. Tips yang kami berikan ini berlaku untuk semua merek laptop yang ada dipasaran, seperti : Acer, Apple, Dell, Lenovo, Toshiba, Advan, Asus, Forsa, MSI, Zyrex, Aedupac, Axioo, Fujitsu, Samsung, A-Note, Benq, Gateway, Sony, Vaio, Byon, HP,  dan merek laptop yang lainnya.

Laptop-Acer-Aspire-A5560

Tips Merawat Laptop yang Baik dan Benar | Portal Mahasiswa

10 Tips Cara Merawat Laptop dan Notebook yang Baik dan Benar

  1. Bersihkan tangan kita sebelum menggunakan laptop. Hal ini memang terlihat sepele, tetapi dengan mencuci tangan, kita akan meminimalisir kemungkinan laptop kita menjadi kotor akibat debu yang menempel pada tangan kita. Selain itu, dengan tangan yang bersih akan membuat kerja kita di depan laptop lebih produktif.
  2. Usahakan selalu menggunakan screen protector pada layar LCD laptop. Hal ini bertujuan untuk melindungi LCD laptop dari luka gores dan benda-benda disekitar kita.
  3. Usahakan selalu memakai keyboard protector. Hal ini bertujuan untuk menahan debu dan kotoran-kotoran lain yang bisa masuk kedalam laptop melalui cela-cela keyboard.
  4. Usahakan selalu memakai fan cooler dibagian bawah laptop. Hal ini bertujuan untuk membantu menstabilkan suhu laptop agar tidak cepat panas.
  5. Jangan pernah menggunakan laptop diatas tempat tidur. Hal ini akan membuat sirkulasi udara bagian bawah laptop terhambat sehingga menyebabkan laptop cepat panas.
  6. Jangan pernah meletakkan barang-barang di atas layar LCD laptop. Hal ini akan membuat layar LCD laptop tertekan dan akan mengalami kerusakan.
  7. Jauhkan laptop dari segala macam zat cair. Karena ketika laptop terkena cairan (air), laptop akan mengalami konsleting listrik yang mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen laptop.
  8. Jauhkan laptop dari HP, Radio, TV, HT, dan segala macam alat komunikasi lain. Signal yang timbul dari alat-alat elektronik tersebut bisa merusak komponen-komponen di dalam laptop.
  9. Rawatlah Battery laptop dengan baik. Tancapkan adaptor ketika indikator battery menunjukkan 20% dan lepaskan adaptor ketika indikator battery menunjukkan 99%.
  10. Jangan terlalu sering bermain game 3D. Game 3D akan membuat laptop bekerja ekstra sehingga akan membuat laptop cepat panas.

Sampai disini dulu artikel kami hari ini. Semoga “10 Tips Merawat Laptop yang Baik dan Benar” ini bisa membuat laptop kita selalu awet dan tahan lama.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Laki-laki dengan cita-cita ingin menjadi seorang IT Professional dan ingin jadi dosen di ITS. Dia merasa beruntung di kelilingi keluarga yang baik dan sahabat-sahabat yang luar biasa.


Related Posts

2 Responses to “10 Tips Merawat Laptop yang Baik dan Benar”

  1. You can if you want to,that’s your choice.

    Reply to this comment
  2. woolrich outlet

    Dec 25. 2013

    It’s very good!I believe everyone will like it.

    Reply to this comment

Leave a Reply